Plester Kinesiologi, Koyok Warna-Warni untuk Mengatasi Cedera

Kesehatan

Plester Kinesiologi, Koyok Warna-Warni untuk Mengatasi Cedera

Pernahkah Anda menyaksikan pertandingan olahraga dan melihat atletnya berlarian dengan plester warna-warni yang menempel di tubuh, Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsinya plester itu. Benda yang juga mirip koyok tersebut adalah kinesiology tape.

Lalu apa manfaat dari plester kinesiologi? Melansir dari beberapa sumber, berikut uraiannya. Metode kinesio taping awalnya dikembangkan Dr. Kenzo Kase di Jepang untuk menyembuhkan jaringan atau otot tubuh seorang atlet yang mengalami trauma atau cedera saat berolahraga. Plester kinesiologi sebagai alat perekat elastis yang juga memiliki kemampuan sirkulasi udara yang baik saat digunakan.

Plester Kinesiologi, Koyok Warna-Warni untuk Mengatasi Cedera

Plester kinesiologi dipercaya mampu mengembalikan sistem neuromuscular seperti sedia kala, meringankan rasa sakit saat berolahraga, mempercepat pemulihan cedera pada lokasi persendian, hingga mengatasi peradangan bawah kulit.

Selain memiliki manfaat yang mengagumkan, plester kinesiologi ini juga menyuguhkan kenyamanan untuk digunakan. Terbuat dari 100 persen katun dan kombinasi bahan latex free, plester kinesiologi mampu membuat gerak Anda lebih fleksibel.

[Baca Juga: Waspada Meniskus Tear! Cedera Tulang Rawan]

Keunggulan lain dari plester kinesiologi ini adalah kemampuannya merekat dengan baik, walaupun dalam keadaan basah karena keringat atau pun olahraga air. Dengan begitu alat ini dapat digunakan pada berbagai bidang olahraga.

Plester Kinesiologi, Koyok Warna-Warni untuk Mengatasi Cedera

Bagaimana cara menggunakan plester kinesiologi yang tepat? Pertama-tama, bersihkan dulu kulit di area yang bermasalah dengan air bersih. Lepaskan kertas perekat kinesio dan tempelkan pada kulit. Untuk Anda yang pemakai baru, maka usahakan kondisi kulit tidak dalam kondisi iritasi. Lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan langkah pemakaian plester kinesiologi yang tepat.

  • Sebelum plester kinesiologi ditempel, maka pastikan kulit Anda harus bersih dari minyak atau air.
  • Pastikan Anda telah memakai plester kinesiologi satu jam sebelum melakukan aktivitas olahraga, mandi, atau pun aktivitas lain yang menyebabkan keringat dan berdekatan dengan air. Hal ini dimaksudkan agar plester tersebut lengket dengan tepat di kulit Anda.
  • Anda mesti hindari pemakaian yang terlalu ketat agar tidak terkena iritasi di kulit.
  • Setelah plester terpasang pada bagian tubuh yang sakit, kinesio insulation harus terus menerus diusap dengan tangan agar lem bisa lengket dengan benar. Jangan memakai alat yang lain, seperti hairdryer.
  • Plester ini dapat digunakan selama kurang lebih tiga hingga lima hari.

[Baca Juga: Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut]

Itulah manfaat cara menggunakan koyok warna-warni, tak hanya atlet hanya yang dapat menggunakan plester kinesiologi saat cedera. Jika Anda mengalami cedera biasanya ditempelkan plester kinesiologi oleh terapis ketika menjalani fisioterapi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 3 years lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…