PLN Kesulitan Perluasan Bantuan Insentif Listrik, YCAB Himpun Donasi

Bisnis

PLN Kesulitan Perluasan Bantuan Insentif Listrik, YCAB Himpun Donasi

Berbagai kebijakan dilakukan pemerintah, baik tingkat pusat atau daerah, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, termasuk membatasi interaksi dan aktivitas masyarakat. Sebagai kompensasi, melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan pembiayaan listrik masyarakat, khususnya dari kalangan pelanggan 450 VA.

Di sisi lain, Parlemen berpandangan bahwa sejatinya masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 lebih luas lagi, mereka pun berhak mendapatkan insentif yang sama. Namun, di hadapan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku tidak sanggup apa bila diminta untuk memberikan insentif bagi pelanggan 900 VA non subsidi dan 1.300 VA. PLN berargumen, butuh biaya besar untuk bisa menyanggupi hal itu, yakni Rp16,9 triliun.

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Kondisi ini mendapat respon positif dari masyarakat, penggalangan donasi pun dilakukan demi bisa menyanggupi permintaan para wakil rakyat. Bermitra dengan berbagai pihak termasuk para artis Ibukota, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCBA) melancarkan gerakan sosial bertajuk Light Up Indonesia untuk meringankan beban masyarakat soal tagihan listrik di masa pandemi.

Dalam pernyataan rilis yang diterima PingPoint.co.id, Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono merasa bersyukur sekaligus juga mengapresiasi segala bantuan yang ada. Gerakan ini disebutnya mampu menyuntikkan semangat di masa-masa sulit seperti sekarang ini. PLN pun menjamin penyaluran akan tepat sasaran.

[Baca Juga: Journey to Impact, Kisah Perjalanan Pendiri YCAB Veronica Colondam]

“Kami harap kegiatan Ini bisa menginspirasi yang lainnya untuk turut membantu saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan ditengah pandemi ini. PLN pun terlibat langsung membantu penyaluran bantuan kepada pelanggan yang menjadi target penerima donasi. Untuk itu kami mengajak masyarakat menyebarluaskan niat baik ini untuk dapat bersama membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan,” jelas Yuddy (22/4/2020).

Mengenai teknis partisipasi donasi, Veronica Colondam, Founder & CEO YCAB mengatakan, bisa dilakukan situs www.lightup.id. Untuk tahap pertama, sambung dia, donasi akan diberikan kepada 100.000 keluarga prasejahtera yang terbagi atas dua komunitas penerima manfaat. Pertama adalah komunitas yang ditargetkan secara khusus, dan kedua adalah masyarakat umum yang merasa membutuhkan bantuan keringanan tagihan listrik.

PLN Kesulitan Perluasan Bantuan Insentif Listrik, YCAB Himpun Donasi

”Tahap awal ini hadir bersamaan dengan semangat Hari Kartini, Light Up akan menjangkau komunitas yang terdiri dari 40.000 ibu-ibu pelaku usaha ultra mikro binaan YCAB Ventures. Komunitas ini tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Lampung,” tutur Veronica ketika jumpa pers dalam jaringan (daring) via Zoom (22/4/2020).

Pada tahap selanjutnya, tambah dia, Light Up akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan berdasarkan pendaftaran ID pelanggannya melalui website Light Up yang dikembangkan oleh PT Glotech Prima Vista (Do It).

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Do-It dapat dipercaya oleh PLN dan YCAB untuk mendukung gerakan ini dari segi teknologi. Penyaluran donasi nantinya akan dilakukan secara digital bekerja sama dengan OVO. OVO berperan penting dalam menyalurkan subsidi pembayaran bagi pengguna PLN pasca-bayar secara tepat dan aman. Kami harapkan program Light Up dapat mendukung upaya pemerintah dalam meringankan beban masyarakat,“ ceplos CEO Do-It, Jennifer Claudia menimpali.

[Baca Juga: Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah]

Seperti diketahui, dalam video conference bersama PLN, anggota Komisi VII DPR Ratna Juwita
memandang perlu adanya perluasan pemberian insentif listrik, tidak hanya pada pelanggan 450 VA saja. “Rumah tangga menengah golongan 900 VA-1300 VA juga kesulitan. Kira-kira ada tidak wacana untuk memberikan insentif?” ujarnya dikutip katadata.co.id (22/4/2020).

Menanggapi itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyatakan, tak sanggup jika harus memberikan keringanan tarif listrik terhadap pelanggan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA. Pasalnya, jumlah pelanggan 900 VA yang mencapai 22,7 juta pelanggan, dengan tagihan listrik mencapai Rp143.000 per pelanggan tiap bulan.

[Baca Juga: PLN Diminta Jangan Hanya Fokus Terhadap Efisiensi Listrik]

Sementara, untuk kelompok pelanggan 1.300 VA tercatat ada sekitar 11,7 juta pelanggan, dengan rata-rata tagihan sebesar Rp221.000 per pelanggan tiap bulannya. "Ini di luar kemampuan PLN, hanya pemerintah yang bisa melaksanakan," ujar Zulkifli.

Sekadar informasi, kasus positif COVID-19 di Indonesia kini mencapai angka 7.418, dari total keseluruhan itu diketahui jumlah pasien meninggal sebanyak 635 pasien. Sementara pasien sembuh terus bertambah menjadi 913 pasien. Data ini merupakan laporan harian pemerintah mengenai penanganan pandemi yang disebabkan virus SARS-CoV-2, melalui situs covid-19.go.id (22/4/2020). Sejumlah pemerintahan daerah pun telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai pandemi COVID-19, bahkan Pemprov DKI Jakarta memperpanjang PSBB hingga 22 Mei 2020 mendatang.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Biang 2 years, 7 months lalu
    biang

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co !!!