PLUIT_PROPERTI_PLUS MINUS INVESTASI APARTEMEN DI KAWASAN PLUIT_ICHWAN_1100 px X 600 px-01.jpg

Properti dan Solusi

Plus Minus Investasi Apartemen di Kawasan Pluit

Banyak orang melakukan investasi untuk mangambil keuntungan. Namun tidak sedikit orang salah mengambil sektor investasi yang akhirnya terjebak investasi yang dilakukannya justru mengalami kerugian. Banyak ahli mengatakan investasi emas dan properti adalah yang paling menguntungkan saat ini. Terkait properti, di Jakarta khususnya kawasan Pluit, banyak pemilik apartemen menyewakan unit yang dimilikinya. Lantas, apa plus minus investasi apartemen?

Sudah sejak lama, properti dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Dikutip dari lamudi.co.id pada Sabtu (1/9/2018), ada beberapa alasan berinvestasi apartemen terbilang menguntungkan. Pertama, apartemen saat ini sudah menjadi tren. Tinggal di apartemen sudah bisa dikatakan sebagai gaya hidup masyarakat urban. Terlebih apartemen yang dibangun saat ini terintergasi dengan pusat perbelanjaan, dekat sarana transportasi dan pusat bisnis.

[Baca Juga : Optimisme Pembangunan Apartemen Daan Mogot City]

Kedua, harga jual apartemen yang terus naik. Harga jual apartemen terus meningkat dengan rata-rata kenaikan 5-10 persen per tahun. Ketiga adalah harga sewa yang menjanjikan. Lengkapnya fasilitas dan lokasi yang strategis ini membuat harga sewa apartemen menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan rumah tapak. Hal ini yang menjadi alasan banyak investor melihat dan memilih membeli kemudian menyewakannya kembali.

Lantas apa nilai plus dan minus melakukan investasi apartemen? Laman rumah.com yang diakses pada 19 Oktober 2018 menjelaskan investasi apartemen ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Ada kelebihan dan kekurangan yang seringkali luput dari perhatian investor. Berikut ini penjelasan mengenai nilai plus dan minus berinvestasi apartemen.

Nilai Plus

Pertama, permintaan (demand) apartemen saat ini masih cukup tinggi. Terutama pada wilayah-wilayah tertentu di sekitar CBD (central business district), kawasan pemukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus.

Kedua, jangka waktu sewa apartemen yang terbilang pendek, rata-rata sekitar 2-3 tahun. Umumnya, apartemen atau kondominium yang disewakan pemiliknya adalah apartemen yang berlokasi dengan pusat bisnis. Biasanya disewakan untuk mendekatkan penyewanya dengan aktivitas sehari-harinya..

Ketiga, menyewakan apartemen punya risiko kekosongan rendah. Artinya, jika lokasi tersebut sudah nyaman sebagai tempat tinggal, biasanya penyewa akan terus menempati apartemen tersebut. Di lain pihak, calon penyewa pun berdatangan mencari unit-unit yang kosong untuk disewa. Salah satu faktor rendahnya risiko kekosongan apartemen adalah mulai terbiasanya masyarakat kita dengan budaya tinggal di hunian vertikal.

Keempat, apartemen punya capital rate tinggi sekitar 7-10 persen. Dengan risiko kekosongan unit yang rendah, maka income yang datang dari sewa unit pun otomatis menjadi lancar. Hal ini tentu saja membuat capital rate apartemen tinggi, di atas capital rate rumah sewa.

Nilai Minus

Pertama, investor yang ingin membeli apartemen sebagai sarana investasi harus jeli dalam memilih apartemen atau kondominium yang punya nilai prospektif. Hal itu perlu dilakukan karena belakangan ini banyak pengembang apartemen yang membangun proyeknya jauh dari pusat kota atau pusat keramaian. Kawasan seperti ini umumnya tidak layak dijadikan lokasi apartemen, dan tentu saja tidak prospektif sebagai investasi.

Kedua, investor juga harus pandai memilih manajemen gedung (building management) yang baik. Banyak apartemen di kawasan yang sebenarnya sangat prospektif tetapi sepi penyewa lantaran dikelola manajemen gedung yang kurang baik. Manajemen gedung yang baik selalu memerhatikan faktor kenyamanan penghuni. Mereka juga memerhatikan perbaikan fasilitas umum, seperti kolam renang, lift, dan lain-lain.

[Baca Juga : Tips Agar Desain Apartemen Studio Terlihat Stylish]

Itulah panduan seputar informasi investasi apartemen dan plus minusnya. Jadi, jika ingin melakukan investasi apartemen seperti di kawasan Pluit, artikel ini bisa menjadi pertimbangan sehingga tidak ada penyelasan setelah melakukan investasi apartemen.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.