Slide7.JPG

Bisnis

Plymkr, Menuangkan Isu di Sisi Lapangan Sepak Bola Melalui T-shirt

Banyak orang yang mengatakan bahwa hobi atau pun kesukaan pada suatu hal bisa menjadi sumber penghasilan, apabila dikelola dengan tepat. Hal tersebut juga tampak dari Fio, pemuda asal Malang yang memiliki brand clothing bernama Plymkr. Terlihat dari nama brand clothing miliknya yang lekat dengan istilah playmaker dalam sepak bola, usaha clothing yang dijalankan oleh Fio sejak tahun 2014 ini diawali kecintaannya pada desain, dunia fashion, dan sepak bola.

Ditemui PingPoint di kediamannya (8/6/2021), Jalan Kapi Woro, Malang, Fio menceritakan perjalanannya di dunia bisnis clothing kepada PingPoint. “Sebelum jualan t-shirt, jaket, tas, dan lainnya, awalnya saya reseller tas, itu sejak tahun 2015. Tahun 2016, baru saya mulai jualan t-shirt sampai sampai sekarang. Awal-awal dulu, saya jualannya lewat Facebook, tapi kalau sekarang lewat Instagram sama Shopee. Saya milih Shopee, karena kalau jual produk fashion, di sana lebih enak. Selain jualan, saya sekarang fokusnya ke mengenalkan brand Plymkr dulu, dari insight Instagram, brand ini sudah mulai dikenal di wilayah Jawa Timur, di Jakarta juga sudah mulai. Kalau wilayah Jawa Tengah, masih agak susah nembusnya. Saya pinginnya di Pulau Jawa ini, rata dulu”.

Slide4.JPG

Sejak awal brand Plymkr didirikan, brand ini sudah kental dengan nuansa sepak bola, hal ini juga diakui oleh Fio, yang menyampaikan bahwa dia memang sengaja membuat desain produk yang ada unsur sepak bolanya. “Untuk desainnya, semua saya bikin sendiri. Saya suka ngangkat tentang isu sepak bola dan suporter. Dari situ, saya fokusin lagi ke isu di luar lapangan, seperti politik, apparat kepolisian, ujaran rasis, dan gesekan suporter, isu-isu itu yang saya jadikan desain t-shirt. Kenapa saya milih isu seperti ini, karena saya pernah melakukan survei dan clothingan sepak bola yang desain produknya bertema seperti ini jarang. Kebanyakan kayak logo tim, nama suporter, sampai gambar wajah pemain”, ujar Fio.

Slide6.JPG

Mengangkat desain t-shirt bertema sepak bola dan suporter memang menarik dan unik, namun tentu hal tersebut juga berpengaruh pada sisi bisnis yang dijalankan, menanggapi hal tersebut, pria yang mengaku sebagai interisti ini mengatakan, “Untuk tema suporter, dulu memang saya lebih fokus ke Arema, karena saya memang suka dengan Arema. Tapi untuk sekarang tema suporternya lebih universal. Jadi dari situ, pasar saya bisa berkembang, tidak hanya sebatas orang Malang saja, tapi juga dari daerah lain.”

[Baca Juga: 5 Rekomendasi Distro dan Clothing Line Asli Kota Malang yang Cocok Untuk Anak Muda]

Menargetkan pasar dengan cakupan lebih luas dan tidak sebatas Malang saja, Fio memiliki caranya sendiri untuk menarik pembeli sehingga tertarik untuk membeli produk yang dia tawarkan. Cara yang digunakan oleh Fio adalah dengan memanfaatkan Instagram. Dalam akun Instagram Plymkr, Fio tidak hanya menjual produk saja, dia juga menyelipkan konten-konten bertema sepak bola yang sedang hangat. Hal itu diharapkan bisa memicu diskusi dan meningkatkan engagement, yang kemudian bisa semakin mengenalkan brand Plymkr pada masyarakat luas.

Slide5.JPG

Selain memanfaatkan Instagram agar brand-nya makin dikenal, Fio juga membuat beberapa keunikan pada produk yang dia jual. Di akhir tahun 2020, Fio sempat menjual produk limited edition yang dikemas dalam box set, yang berisi t-shirt bertuliskan Malang Greatest City, masker, dan beberapa potong stiker. Penjualan ini, menurut Fio juga cukup diminati masyarakat karena produknya laris di pasaran. Box set ini sendiri dibanderol dengan harga Rp135.000. untuk produk lain yang dijual oleh Plymkr, Fio menyampaikan bahwa harga T-shirt yang biasa dijual berada di kisaran Rp100.000 hingga Rp150.000, sedangkan untuk jaket, berada di sekitar Rp200.000.

Untuk ke depannya, Fio berencana untuk tetap menjual t-shirt. Namun, Fio ingin membuat desain T-shirtnya lebih kasual, tidak hanya bisa digunakan untuk menonton sepak bola di stadion, tapi bisa terlihat bagus meskipun digunakan jalan-jalan ke mall.


Read More

Plymkr

Brand fashion bertema sepak bola di Malang

0895335363972
None

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Jessica 1 year, 5 months lalu
    jessica

    Gabung bersama kami di game slot online terpercaya dan segera dapatkan cashback 100% hanya di : bola165x.com/register