PMI Depok Distribusikan Air Bersih untuk Bantu Korban Banjir

Berita Kawasan

PMI Depok Distribusikan Air Bersih untuk Bantu Korban Banjir

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mendistribusikan air bersih untuk korban banjir di RW 13 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis yang kesulitan mendapatkan air bersih. Dengan bantuan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan warga, seperti minum, memasak, maupun keperluan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK)

“Biasanya, dampak dari banjir maupun longsor mengakibatkan kerusakan pada mesin air atau sumur. Untuk itu kami memasok air bersih, karena ini sangat dibutuhkan warga,” ujar Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana seperti dimuat di berita.depok.go.id (22/2/21).

PMI Depok Distribusikan Air Bersih untuk Bantu Korban Banjir

Dijelaskannya, pihaknya mengirimkan satu unit truk tangki berisi 5000 liter air bersih. Air ini untuk dibagikan ke warga yang membutuhkan. "Kedatangan kami dengan air bersih ini sudah dikordinasikan dengan masyarakat sehingga, ketika datang, galon atau tempat air milik warga sudah berjejer rapi," terangnya.

Imron menyebut, warga terdampak banjir bebas menampung air bersih sesuai kebutuhan. Dikatakannya, bantuan ini akan terus diadakan jika di lokasi tersebut masih kesulitan mendapatkan air bersih. "Sementara 5000 liter air bersih ini masih cukup. Kalau banjir berkepanjangan, kita bisa kembali lagi untuk bantuan air bersih. Tapi mudah-mudahan banjir segera surut, agar warga yang mengungsi juga bisa kembali ke rumah masing-masing," Imron menjelaskan.

[Baca Juga: Kang Emil Tinjau Drainase yang Kerap Memicu Banjir di Depok]

Sementara itu, bantuan logistik lain untuk untuk korban banjir Mekarsari dan Longsor PGS, Depok juga terus mengalir. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengantarkan bantuan logistik untuk korban bencana banjir dan longsor yang terjadi di dua lokasi. Untuk bantuan bencana banjir di RW 6 dan RW 13 Kelurahan Mekarsari. Sedangkan bantuan bencana longsor di RT 04 Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS).

Selain itu, bersama warga dan Palang Merah Indonesia (PMI), Dinsos dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok, sudah membangun dapur umum di Kelurahan Mekarsari.

PMI Depok Distribusikan Air Bersih untuk Bantu Korban Banjir

Menurut Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana, pihaknya langsung mengirimkan Tagana untuk penyelamatan dan pemberian bantuan logistik saat terjadi bencana. Untuk logistik yang diberikan berupa beras dan makanan siap saji untuk para korban bencana. “Tagana ini sudah disiagakan di setiap kecamatan. Mereka membantu evakuasi korban bekerja sama dengan Damkar dan PMI Kota Depok. Kemudian Tagana akan melakukan assessment atau pengumpulan data korban untuk pemberian bantuan logisitik,” kata Usman masih dari sumber yang sama.

Usman melanjutkan, bantuan logistik di Mekarsari yang berikan antara lain mi instan 400 bungkus, 18 karung beras ukuran 5 kilogram, 15 dus air mineral. Selanjutnya, 108 bungkus biskuit serta 136 kaleng sarden.

Kemudian, bantuan logistik di PGS antara lain 81 bungkus mi instan, 3 bungkus biskuit, 3 karung beras ukuran 5 kilogram. Lalu ada juga 3 kaleng sarden dan 3 dus air mineral. “Intinya bantuan logisitik akan kami siapkan. Yang utama ini untuk tiga hari ke depan. Jumlah bantuan tersebut tergantung jumlah korban bencana,” tutup Usman.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.