PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Kesehatan

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kembali mengajak warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Terlebih, saat ini hampir seluruh jenis golongan darah, stoknya sudah menipis di tempat penyimpanan. Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah orang yang mendonasikan darahnya memang turun drastis dibandingkan hari biasanya. Ditambah lagi, sekarang masuk Bulan Puasa.

“Kami mengimbau warga agar bisa mendonorkan darahnya. Terutama untuk golongan AB karena stok yang tersisa hanya satu labu, sementara permintaan dari rumah sakit terus meningkat,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok Widya Astriyani seperti dilansir dari depok.go.id (8/5/2020).

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Widya mengucapkan, permintaan kantung darah juga bukan hanya datang dari Kota Depok tapi ada pula dari daerah sekitar, yaitu Jakarta, Bogor, dan lainnya. Permintaan yang masuk tak bisa ditolak, maka dari itu kebutuhan stok darah amat sangat penting, apalagi untuk golongan darah yang terbilang langka.

Widya melanjutkan, berdasarkan data pada tanggal 7 Mei lalu, jumlah stok darah yang tersisa untuk golongan darah A sebanyak 21 labu, B 42 labu, AB 1 labu dan O 127 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan. Ia pun mengimbau masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya agar segera mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB.

[Baca Juga: Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman]

Sebelum mendonorkan darah, pastikan Anda sesuai dengan kriteria pendonor menurut Palang Merah Indonesia (PMI), yaitu:

  • Usia 17-60 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperature 36,6 – 37,5 Celcius
  • Tekanan darah baik, yaitu sekitar sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur
  • Hemoglobin minimal 12-12,5 gram

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke markas kami. Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya. Kami tidak ada kegiatan di luar, mengingat adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing," sebut Widya.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>