PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Kesehatan

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kembali mengajak warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Terlebih, saat ini hampir seluruh jenis golongan darah, stoknya sudah menipis di tempat penyimpanan. Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah orang yang mendonasikan darahnya memang turun drastis dibandingkan hari biasanya. Ditambah lagi, sekarang masuk Bulan Puasa.

“Kami mengimbau warga agar bisa mendonorkan darahnya. Terutama untuk golongan AB karena stok yang tersisa hanya satu labu, sementara permintaan dari rumah sakit terus meningkat,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok Widya Astriyani seperti dilansir dari depok.go.id (8/5/2020).

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Widya mengucapkan, permintaan kantung darah juga bukan hanya datang dari Kota Depok tapi ada pula dari daerah sekitar, yaitu Jakarta, Bogor, dan lainnya. Permintaan yang masuk tak bisa ditolak, maka dari itu kebutuhan stok darah amat sangat penting, apalagi untuk golongan darah yang terbilang langka.

Widya melanjutkan, berdasarkan data pada tanggal 7 Mei lalu, jumlah stok darah yang tersisa untuk golongan darah A sebanyak 21 labu, B 42 labu, AB 1 labu dan O 127 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan. Ia pun mengimbau masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya agar segera mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB.

[Baca Juga: Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman]

Sebelum mendonorkan darah, pastikan Anda sesuai dengan kriteria pendonor menurut Palang Merah Indonesia (PMI), yaitu:

  • Usia 17-60 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperature 36,6 – 37,5 Celcius
  • Tekanan darah baik, yaitu sekitar sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur
  • Hemoglobin minimal 12-12,5 gram

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke markas kami. Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya. Kami tidak ada kegiatan di luar, mengingat adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing," sebut Widya.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>