PMI Jakarta Timur Disinfeksi GKPS Cijantung

Kesehatan

PMI Jakarta Timur Disinfeksi GKPS Cijantung

Berada dalam masa darurat pendemi COVID-19 seperti saat ini, Palang Merah Indonesia (PMI) masih terus bekerja untuk membantu usaha pemerintah menekan penyebaran virus Corona tersebut. Dengan hal yang paling sering dilakukan adalah menggelar penyemprotan cairan disinfektan di berbagai fasilitas publik. Hal ini terlihat dalam kegiatan yang baru-baru ini digelar PMI Jakarta Timur yang mengadakan disinfeksi di Gereja Kristen Protestan Simalungun atau GKPS Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kegatan ini dilakukan PMI Jakarta Timur pada 8 April 2020 dengan tujuan membantu penekanan penyebaran virus SARS-CoV-2 di wilayah timur Ibu Kota tersebut. Di mana setidaknya ada sekitar tujuh relawan PMI yang dikerahkan untuk menyisir dan menyemprotkan cairan disinfektan di area dalam gereja, toilet, sampai halaman parkir.

PMI Jakarta Timur Disinfeksi GKPS Cijantung

Kegiatan disinfeksi GKPS Cijantung ini pun turut dihadiri Lurah Cijantung Haerudin yang tak lupa menyampaikan apresiasinya atas usaha pihak PMI Jakarta Timur. “Semoga apa yang dilakukan PMI dapat dirasakan manfaatnya oleh warga dan menjauhkan dari bahaya penularan Coronavirus Disease di wilayah Jakarta Timur, khususnya Cijantung,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (8/4/2020).

[Baca Juga: Efektifkah Menyemprot Disinfektan di Ruang Publik?]

Dari sisi PMI Jakarta Timur sendiri, mereka menginginkan agar masyarakat juga turut andil dalam usaha penekanan penyebaran COVID-19 ini. Menurut Ketua PMI Jakarta Timur Krisidianto, langkah ini sebenarnya bisa dilakukan melalui penyemprotan disinfektan secara mandiri kawasan permukiman masing-masing.

Selain kegiatan disinfeksi, pada hari yang sama, PMI DKI Jakarta juga turut bekerja di kawasan Jakarta Timur. Di mana mereka melakukan aksi jemput bola menuju Kelurahan Pondok Kopi untuk para warga yang mau mendonorkan darah. Sehingga dengan keberadaan bus PMI DKI Jakarta, warga tinggal datang saja tanpa perlu pergi jauh-jauh untuk menyumbangkan darah mereka.

[Baca Juga: Bersama PMI, Pemkab Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan]

Menurut pihak Unit Transfusi Darah (UTD) PMI DKI Jakarta, kegiatan jemput bola ini tidak terlepas dengan kondisi pendemi COVID-19 yang terus membayangi Ibu Kota. Pasalnya, sejak penyebaran virus SARS-CoV-2 ini ramai diperbincangkan, masyarakat cenderung enggan datang ke lokasi UTD PMI di Jakarta Pusat. “Stok darah kian menipis seiring mewabahnya wabah Corona sejak bulan lalu,” jelas Dokter UTD PMI DKI Jakarta Eli Setiawati.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.