PMKS Jakarta Utara yang Terjaring Ikuti Rapid Test COVID-19

Berita Kawasan

PMKS Jakarta Utara yang Terjaring Ikuti Rapid Test COVID-19

Pada awal pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) menertibkan dan menjaring puluhan orang yang masuk kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS. Mereka yang ditertibkan kemudian ditampung sementara di GOR Tanjung Priok dan langkah ini disebut dilakukan agar mengantisipasi mereka terinfeksi virus Corona. Puluhan PMKS itu juga sempat menjalani rapid test COVID-19 demi memastikan bahwa mereka aman sebelum dikembalikan ke keluarga masing-masing.

GOR Tanjung Priok sendiri disebut ditunjuk menjadi lokasi penampungan PMKS selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di DKI Jakarta. Pada 28 April 2020 Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmiko melakukan peninjauan ke bangunan yang saat ini dinamakan Tempat Karantina Hasil Penjangkauan PMKS. Di sana ia menyebut, bangunan tersebut saat ini menjadi lokasi pembinaan masyarakat yang ditertibkan petugas ketika mereka melakukan operasi penegakkan PSBB.

PMKS Jakarta Utara yang Terjaring Ikuti Rapid Test COVID-19

“Seluruh wilayah Jakarta Utara akan kita sisir, setiap sudutnya kita bersihkan dari PMKS,” jelas orang nomor satu di wilayah utara Ibu Kota tersebut, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (28/4/2020). Penertiban ini disebut penting dalam menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta Utara, karena PMKS disebut tak mematuhi kebijakan PSBB Jakarta.

Tak lama setelah kunjungan Wali Kota Jakarta Utara tersebut, sekitar 27 PMKS yang ditampung sementara di GOR Tanjung Priok pun mengikuti proses rapid test COVID-19. Hal ini dipandang penting demi memastikan mereka terbebas dari infeksi virus Corona dan aman untuk dijemput keluarga masing-masing.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, GOR Ciracas Jadi Penampungan Tunawisma]

Setelah menjalani rapid test itu dan memastikan tak terinfeksi COVID-19, keluarga para PMKS yang terjaring itu pun menjemput mereka. “Iya sudah dipulangkan setelah hasil rapid test mereka negatif,” sebut Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara Aji Antoko (29/4/2020).

Berdasarkan keterangan dari Aji, rata-rata puluhan PMKS yang ditertibkan itu berada di rentang usia di 19 tahun. Kemudian ketika dijemput, anggota keluarga mereka diminta untuk membuat surat pernyataan yang berjanji untuk membina para PMKS agar menaati PSBB, khususnya tak keluar rumah saat malam hari.

Namun tak lama setelah pemulangan tersebut, petugas gabungan yang berpatroli penegakkan PSBB kembali menertibkan dua PMKS di kawasan Kelapa Gading. “Hari ini ada dua PMKS manusia gerobak yang kita jangkau. Sesuai prosedur, mereka kami data dan jalani rapid test,” tambah Aji.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.