PMT-AS 2020 Jakarta Barat Dorong Gizi Sehat Anak Sekolah

Kesehatan

PMT-AS 2020 Jakarta Barat Dorong Gizi Sehat Anak Sekolah

Sesuai dengan program strategis dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalankan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah atau PMT-AS sejak tahun 2018. Di mana program ini didorong dalam rangka mendorong kecukupan gizi untuk anak-anak sekolah. Program ini pun kembali digelar di tahun ini dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat yang baru-baru ini meluncurkannya untuk anak sekolah di wilayahnya.

Peluncuran PMT-AS untuk periode tahun 2020 ini digelar Pemkot Jakarta Barat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kembangan Utara 01. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen yang didampingi Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat Uripasih. Ia menjelaskan, program PMT-AS 2020 sendiri dilaksanakan sesuai dengan Pergub Nomor sembilan Tahun 2019.

SDN Kembangan Utara 01 Sambut Hangat Program PMT-AS 2020

“Untuk tahun ini, sekolah-sekolah yang mendapatkan PMT-AS ini sekitar lebih kurang di JB 2 ada 50 sekolah dengan jumlah siswa yang mendapatkan sekitar 17.815 siswa. Kemudian di JB-1, ada sekitar 109 sekolah dengan jumlah siswa yang lebih besar lagi sekitar puluhan ribu,” ujar Muhammad kepada PingPoint.co.id di sela-sela peresmian PMT-AS di SDN Kembangan Utara 1, Jalan Kembangan Utara No.83, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (12/3/2020).

[Baca Juga: SDN Kembangan Utara 01 Sambut Hangat Program PMT-AS 2020]

Menurutnya, Pemkot Jakarta Barat sangat menyambut hangat dengan program PMT-AS. Pasalnya, ini sangat penting untuk semakin meningkatkan mutu gizi para pelajar yang berada di tingkat SD. Mengingat banyak di antara mereka yang mungkin lupa sarapan atau enggan membawa bekal ke sekolah. Sehingga dengan adanya program strategis ini, mereka dapat belajar dengan tekun di sekolah tanpa merasa khawatir badan lemas atau perutnya sakit karena belum ada asupan sarapan.

“Program ini sifatnya memberikan tambahan nutrisi makanan bergizi. Alhamdulillah tahun ini variasi (makananya) lebih banyak. Kami berharap bahwa kegiatan PMT-AS ini dapat dilakukan sebaik-baiknya dengan dukungan semua pihak agar apa yang menjadi tujuan dan harapan Pak Gubernur bisa berjalan dengan sukses,” sebutnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Barat Rencanakan Kendalikan Masalah Gizi]

Muhammad Zen menambahkan, sejak berjalannya PMT-AS di wilayahnya, ia melihat terdapat perubahan dari para pelajar, khususnya dari sisi anak-anak yang merasa ngantuk ketika menerima pelajaran. “Ini sebetulnya sarapan tambahan, ini semacam backup sehingga dengan anak-anak didik ini sudah mendapatkan asupan maka data tahannya dan tangkapnya akan meningkat,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.