PNS di Kabupaten Bandung Dapat Jaminan Kecelakan Kerja

Bisnis

PNS di Kabupaten Bandung dapat Jaminan Kecelakan Kerja

Kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bandung. Sebab, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung meluncurkan program jaminan kecelakan kerja bagi PNS. Nantinya, kebutuhan ahli waris PNS yang meninggal saat melaksanakan tugas akan ditanggung sepenuhnya lewat program ini.

“Program jaminan kecelakaan kerja itu murni dari pemerintah daerah. ASN tidak membayar premi, yang membayar itu Pemkab Bandung,” ujar Branch Manager PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Bandung I Gde Agus Adi Sucipto dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (29/5/2020).

Agus mengatakan, setiap PNS yang meninggal saat bertugas akan mendapatkan hak-haknya, antara lain Tabungan Hari Tua (THT), Asuransi Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja yang nantinya akan dicairkan kepada ahli warisnya. Sementara untuk nominalnya akan berbeda-beda dilihat dari masa kerja, gaji pokok dan jumlah anggota keluarga tanggungan.

[Baca Juga: Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Apa Syaratnya?]

Tidak hanya itu, bagi almarhum yang memiliki anak juga akan diberikan beasiswa dalam bentuk polis secara bertahap. Untuk usia anak SMP mendapatkan beasiswa senilai Rp35 juta sedangkan untuk usia anak SMA senilai Rp25 juta.

“Beasiswanya dalam bentuk polis, karena peruntukannya untuk pendidikan. Bila diberikan dalam bentuk tunai, biasanya saat biaya itu dibutuhkan malah tidak tersedia atau terpakai keperluan lain. Jadi nanti ada tahapan dalam penerimaan beasiswa ini, tapi dijamin tidak akan lama. Mudah-mudahan ini bisa membantu ahli waris dalam meneruskan pendidikan putera puterinya,” tambahnya.

PNS di Kabupaten Bandung Dapat Jaminan Kecelakan Kerja

Pada kesempatan yang sama, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Kepala BKPSDM, Wawan A. Ridwan juga menyerahkan hak-hak kepegawaian kepada ahli waris salah salah satu PNS bernama A. Kurtubi yang dinyatakan meninggal saat menjalankan tugas sebagai Sekretaris Camat Cangkuang. Adapun total santunan yang diterima ahli waris dari almarhum mencapai Rp410.598.000.

[Baca Juga: Tak Perlu Keluar Rumah, Warga Bandung Bisa Cek Bansos Lewat Situs Ini]

Ke depannya kata Ridwan, pihaknya akan fokus dalam proses percepatan pelayanan administrasi kepegawaian serta menghindari adanya pungutan liar (pungli). Hal itu agar para penerima tunjangan bisa mendapatkan haknya secara lebih baik.

“Sesuai arahan Pak Bupati, bahwa setiap PNS harus mendapatkan pelayanan administrasi kepegawaian yang cepat, transparan dan bebas dari pungutan. Namun kami tidak mungkin mengakses dengan cepat sebanyak kurang lebih 16.000 PNS Kabupaten Bandung. Untuk itu, PNS itu sendiri maupun kasubag (kepala sub bagian) umpeg (umum dan kepegawaian) yang ada di perangkat daerah masing-masing, harus pro aktif,” ujar Ridwan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.