Ini Tes CPNS yang Harus Diperhatikan agar Lulus

Berita Kawasan

Poin-poin Tes CPNS yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Lolos

CPNS akan dibuka tanggal 26 Oktober 2019, persiapan para calon pegawai negara sipil mulai dilakukan. Ratusan ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah disediakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk memberikan kesempatan mereka menempati posisi yang disukainya. Dari tahun ke tahun PNS menjadi salah satu pekerjaan yang paling diincar. Ribuan orang yang akan mendaftar CPNS ini akan memberikan usaha terbaiknya agar lulus menjadi PNS. Maka, dari itu Anda harus tahu tes-tes apa saja yang nantinya keluar saat tes berlangsung dan bagaimana persiapan menghadapinya agar mudah mengerjakan dan tentunya lulus jadi PNS.

Tes CPNS Akan Segera Dibuka

Berbeda dengan tempo dulu, tes CPNS kian dipermudah dengan sistem komputerisasi yang sudah tidak lagi menggunakan kertas dalam menjawab soal-soal CPNS. Sistem komputerisasi tersebut dinamakan CAT (Computer Assisted Test).

[Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari Dalam CPNS 2018]

Sebelum lolos ikut tes CAT CPNS, para peserta telah dipastikan lolos seleksi administrasi. Lalu dilanjutkan mengikuti tes CAT yaitu dengan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Untuk seleksi kompetensi dasar, dibagi menjadi 3, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU).

1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi materi seputar nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia yang telah banyak keluar dari tahun-tahun sebelumnya, mengenai pancasila, Undang-undang, empat pilar kebangsaan, Bhhineka tunggal ika, Bahasa Indonesia hingga sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Perbanyaklah membaca materi tersebut, Anda bisa banyak mencarinya pada buku soal latihan CPNS.

2) Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum (TIU) berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan figural, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis. Tes ini sebagian besar berisi hitung-hitungan dan Anda harus banyak berlatih menjawab soal-soal hitungan.

3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi berbagai materi untuk menilai semangat kerja, integritas diri, kreativitas, profesionalitas, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, dan lain-lain. Dalam tes ini, berdasarkan kepribadian yang Anda miliki, jawablah dengan yakin dan sesuai dengan diri Anda.

4) Tes Seleksi Kompetensi Bidang (TKB)

Ini adalah rangkaian tes terakhir, yakni Tes Seleksi Kompetensi Bidang (TKB). Tes ini disesuaikan dengan dengan jabatan atau formasi yang dilamar.

[Baca Juga: Tes CPNS Akan Segera Dibuka]

Serangkaian tes CPNS tidak sulit bila Anda berlatih dengan konsisten soal-soal latihan CPNS. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk berlatih soal CPNS. Dengan usaha keras yang Anda lakukan, semoga berhasil jadi PNS ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.