Poktan Petukangan Selatan Terpilih Wakili Indonesia ke Tokyo

Berita Kawasan

Poktan Petukangan Selatan Terpilih Wakili Indonesia ke Tokyo

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan  Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mendapat undangan untuk menghadiri Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Tokyo, Jepang. Undangan tersebut datang karena berhasil menjadi sorotan dunia lantaran keseriusan pemerintah dan warga dalam menerapkan pertanian perkotaan, khususnya penerapan konsep hidroponik di Ibu Kota sebagaimana telah dirilis PingPoint.co.id (27/5/2019).

Ajang internasional UAWS akan berlangsung pada tanggal 28 November-3 Desember 2019. Dalam artikel sebelumnya, Pemprov DKI akan mengirimkan delegasinya, salah satunya mengajak penggiat urban farming yang telah mengimplementasikan hidroponik dan berkompeten. Setelah melalui proses seleksi, akhirnya telah Pemprov DKI telah menemukan delegasi yang dinilai sudah berpengalaman dan berkompeten.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

Proses seleksi telah dilakukan Suku Dinas (Sudin) KPKP dari lima wilayah. Dan yang terpilih untuk dikirim ke Negeri Sakura adalah dari wilayah Jakarta Selatan, tepatnya perwakilan poktan dari Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggarahan Latifah.

Poktan Petukangan Selatan Terpilih Wakili Indonesia ke Tokyo

Melansir beritajakarta.id (13/6/2019), Latifah adalah ketua poktan sekaligus penggiat urban farming di kelurahan tersebut. Dia mengungkapkan rasa bangganya bisa terpilih untuk berangkat ke Tokyo mewakili Indonesia di forum internasional. "Buat saya, diundang ke forum urban farming dunia di Jepang merupakan suatu kehormatan dan saya sangat bangga," ungkapnya saat berkunjung ke Balkot Farm di Balai Kota pada 13 Juni 2019.

Latifah juga menceritakan, dirinya memang aktif menggeluti urban farming dengan mengembangkan sistem hidroponik di area tempat tinggalnya RT 15/02, Petukangan Selatan. Aktivitasnya tersebut sudah dilakukannya sejak tahun 2017 yang dibimbing petugas Sudin KPKP Jakarta Selatan. Kegiatan positifnya itu mengubah gang sempit tempat tinggalnya yang kini menjadi hijau dan tampak asri.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Dia pun berharap, nantinya bisa menerapkan apa yang dia dapat di Jepang untuk pengembangan pertanian perkotaan di Jakarta. "Semoga apa yang saya dapat dari Jepang nanti bisa diterapkan untuk pengembangan pertanian perkotaan di Jakarta," tuturnya.

Dengan adanya pembinaan dari Dinas KPKP, saat ini sudah semakin banyak warga Jakarta, terutama kaum ibu yang aktif berkegiatan urban farming. Hal itu seperti diutarakan salah seorang penyuluh pertanian dari Balkot Farm Hariyanto. "Dengan semakin banyaknya petani hidroponik akan membuat Jakarta semakin hijau dan maju," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.