Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Khusus Tangani Jenazah COVID-19

Berita Kawasan

Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Khusus Tangani Jenazah COVID-19

Masih banyaknya masyarakat yang takut untuk menangani Jenazah yang meninggal akibat penyakit COVID-19 membuat prihatin beberapa pihak. Salah satunya aparat kepolisian.Untuk itu, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Polda Metro Jaya pun membentuk Satuan tugas (Satgas) khusus untuk mengurus jenazah yang terpapar virus corona SARS-CoV-2 atau COVID-19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan sudah ada 80 anggota Polri yang tergabung dalam satgas tersebut. Para anggota Polri tersebut juga secara khusus telah menjalani protokol pemulasaran dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta terkait penanganan jenazah COVID-19.

[Baca Juga: PMI Gandeng LBM Eijkman untuk Pengambangan Obat COVID-19]

"Jadi anggota Polri punya tim khusus pemulasaraan jenazah yang sudah dilatih oleh Dinkes Pemprov DKI selama 3 hari," ujar Nana.

Nana mengatakan nantinya Satgas yang telah terbentuk itu akan menangani jenazah mulai dari melakukan pemandian jenazah, penggotongan keranda, hingga membawanya ke pemakaman untuk melakukan prosesi pemakaman.

Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Khusus Tangani Jenazah COVID-19

Dengan begitu, tidak ada lagi jenazah pasien positif COVID-19 yang ditelantarkan warga yang enggan menanganinya karena takut tertular virus mematikan itu.

"Satgas Pemulasaran jenazah yang melakukan memandikan bersama anggota dari Dinkes dan Anggota Polri sampai ke keranda dan dibawa ke pemakaman,” tambah Nana.

Sebelumnya, bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan TNI, Polri juga turut membantu para petugas Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus korban terpapar virus corona (COVID-19) di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Selain membagikan bingkisan kebutuhan bahan pokok, petinggi TNI, Polri, dan Pemprov DKI juga mengecek kondisi TPU khusus korban terjangkit COVID-19 tersebut.

Bangun 11 Dapur Umum

Tidak hanya itu, dalam memrangi COVID-19, Polda Metro Jaya juga menyediakan dapur umum bagi masyarakat yang membutuhkan makanan gratis. Total ada 11 dapur umum yang dibangun Polda Metro Jaya di beberapa titik di Jakarta.

Ke-11 titik itu yakni di GOR Johar Baru, Jalan Rawa Selatan IV RT 16/RW 03, Johar Baru, kemudian di Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran serta dapur umum di Jalan KH Mas Mansyur Nomor 130, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Bersama Sejumlah Artis, Polda Metro Jaya Bagikan Masker Gratis]

Kemudian di wilayah Jakarta Utara, dapur umum dibangun di Jalan Danau Cincin RT 008/RW05, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priuk serta dapur umum di Masjid Babah Alun RW 007, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok.

Lalu, di Jakarta Selatan dapur umum dibanung di Pondok Pinang Center Jalan Deplu Raya Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Sedangkan di Jakarta Barat, dapur umum dibangun di Wisata Kota Tua, Jakarta Barat dan untuk Jakarta Timur ada di wilayah Kampung Melayu.

Sisanya, dapur umum dibangun di Jalan KH Muchtar Tabrani RT1/RW12, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara dan di Kecamatan Rawa Lumbu dan Kecamatan Bekasi Timur.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)