Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung

Berita Kawasan

Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung

Jelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah pasar di Kota Bandung dikejutkan dengan adanya penjualan daging bagi bertuliskan daging sapi. Hal itu tentunya meresahkan masyarakat yang ingin merayakan Lebaran. Pasalnya daging babi haram untuk dikonsumsi bagi para pemeluk agama Islam.

Mengetahui kabar tersebut, Satreskrim Polresta Bandung langsung melakukan penyelidikan. Berdasarkan laporan masyarakat, polisi akhirnya berhasil mengamankan dua orang warga Desa Kiangroke, Banjaran Kabupaten Bandung yang berperan sebagai pengepul daging babi.

[Baca Juga: Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama]

Kedua pengepul yakni Paino (46) dan Tuyadi (55) diamankan beserta barang bukti 500 kg daging babi di kediamannya. Kedua pengepul tersebut menjual daging babi kepada masyarakat seolah-olah menjual daging sapi.

"Kita langsung amankan keduanya, beserta barang bukti 500 kilo daging babi," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan.

Setelah berhasil mengamankan pengepul, Polisi pun kembali melakukan pengembangan terkait kasus daging “palsu” tersebut. Hasilnya, polisi kembali mengamankan dua orang pelaku lainnya, yakni Andri Sudrajat (39) dan Asep Rahmat (38) yang berperan sebagai pengecer daging babi.

Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung

Dari hasil pemeriksaan terhadap para pelaku, diketahui mereka mendapat pasokan daging babi dari Kota Solo, Jawa Tengah. Daging tersebut dibeli dengan harga Rp45.000 per kilogram lalu dijual kembali hingga Rp90.000 ke masyarakat.

"Pengepul menjual ke pengecer Rp60.000 per kilogram. Sementara pengecer menjualnya dengan harga Rp75.000 sampai Rp90.000 per kilogramnya ke masyarakat. Keempat pelaku sudah kurang lebih tujuh bulan menjual daging babi ini," terang Hendra.

Total barang bukti yang diamankan pihak kepolisian adalah 100 kilogram daging babi tambahan dari 500 kilogram hasil sitaan dari pelaku, dua freezer, satu timbangan, satu kilogram borax, satu mobil, satu motor, dan 12 besi pancing untuk menggantung daging.

[Baca Juga: Percepat Penanganan COVID-19, Kota Bandung Segera Resmikan Lab BSL-2]

Untuk wilayah penyebarannya, pelaku diduga telah menjual daging ‘palsu’ tersebut baik kepada masyarakat atau para penjual bakso. Mereka memasarkan produknya tersebut mulai dari Kecamatan Banjaran, Baleendah dan Majalaya.

Adapun keempat pelaku akan dikenakan pasal 91A Jo pasal 58 ayat 6 UU RI nomor 41 tahun 2014, tentang peternakan dan kesehatan hewan, lalu pasal 62 ayat 1 Jo pasal 8 ayat 1 UU RI nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.