Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id Di Tempat Publik

Berita Kawasan

Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id di Tempat Publik

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan salat Idulfitri 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19. Dalam fatwa tersebut, masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan salat di rumah bila potensi penyebaran COVID-19 masih tinggi. Pemerintah pun mengimbau agar masyarakat melaksanakan ibadah shalat Idulfitri pada tahun ini di rumah.

Sejalan dengan imbauan pemerintah, Polres Kota Surakarta mengatakan, pihaknya tidak akan memberi izin kegiatan yang mengundang keramaian, seperti salat Idulfitri di tempat publik. Langkah ini diambil guna mendukung kebijakan pemerintah untuk memutus penyebaran COVID-19.

Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id Di Tempat Publik

"Kami tidak mengizinkan kegiatan salat Idulfitri di lapangan dan jalan raya, karena mengundang kerumunan massa," kata Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai, dilansir dari antaranews.com (19/5/2020).

Lebih lanjut Andy mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dewan Masjid Indonesia (DMI) setempat agar mematuhi imbauan MUI pusat untuk melaksanakan shalat di rumah.

"Kami juga sudah memberitahu Takmir Masjid di Surakarta, terkait imbauan ibadah di rumah selama pandemi COVID-19," kata Kapolres menegaskan.

[Baca Juga: MUI Buat Fatwa Salat Idulfitri di Rumah, Ini Panduannya]

Andy meminta agar warga Solo mengikuti panduan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Terlebih, MUI juga telah mengeluarkan tata cara pelaksanaan shalat Idul Fitri di masa pandemi ini.

Sebelumnya, MUI dan Kemenag Surakarta juga telah memberikan imbauan agar masyarakat melaksanakan shalat Tarawih di rumah di masa pandemi COVID-19. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surakarta Musta'in Ahmad sebelumnya mengatakan, pihaknya mengeluarkan imbauan tersebut untuk mencegah penularan COVID-19.

Hal itu pun dilakukan berdasarkan surat pengantar yang dikeluarkan Kemenag agar memperpanjang peribadatan di rumah saja hingga tanggal 29 Mei mendatang. Meski demikian, masih saja ada sejumlah masjid di Solo yang tetap mengadakan ibadah salat Tarawih berjamaah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.