Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id Di Tempat Publik

Berita Kawasan

Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id di Tempat Publik

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan salat Idulfitri 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19. Dalam fatwa tersebut, masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan salat di rumah bila potensi penyebaran COVID-19 masih tinggi. Pemerintah pun mengimbau agar masyarakat melaksanakan ibadah shalat Idulfitri pada tahun ini di rumah.

Sejalan dengan imbauan pemerintah, Polres Kota Surakarta mengatakan, pihaknya tidak akan memberi izin kegiatan yang mengundang keramaian, seperti salat Idulfitri di tempat publik. Langkah ini diambil guna mendukung kebijakan pemerintah untuk memutus penyebaran COVID-19.

Polresta Surakarta Tak Beri Izin Salat Id Di Tempat Publik

"Kami tidak mengizinkan kegiatan salat Idulfitri di lapangan dan jalan raya, karena mengundang kerumunan massa," kata Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai, dilansir dari antaranews.com (19/5/2020).

Lebih lanjut Andy mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dewan Masjid Indonesia (DMI) setempat agar mematuhi imbauan MUI pusat untuk melaksanakan shalat di rumah.

"Kami juga sudah memberitahu Takmir Masjid di Surakarta, terkait imbauan ibadah di rumah selama pandemi COVID-19," kata Kapolres menegaskan.

[Baca Juga: MUI Buat Fatwa Salat Idulfitri di Rumah, Ini Panduannya]

Andy meminta agar warga Solo mengikuti panduan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Terlebih, MUI juga telah mengeluarkan tata cara pelaksanaan shalat Idul Fitri di masa pandemi ini.

Sebelumnya, MUI dan Kemenag Surakarta juga telah memberikan imbauan agar masyarakat melaksanakan shalat Tarawih di rumah di masa pandemi COVID-19. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surakarta Musta'in Ahmad sebelumnya mengatakan, pihaknya mengeluarkan imbauan tersebut untuk mencegah penularan COVID-19.

Hal itu pun dilakukan berdasarkan surat pengantar yang dikeluarkan Kemenag agar memperpanjang peribadatan di rumah saja hingga tanggal 29 Mei mendatang. Meski demikian, masih saja ada sejumlah masjid di Solo yang tetap mengadakan ibadah salat Tarawih berjamaah.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.