Pondok Labu Terapkan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

Berita Kawasan

Pondok Labu Jadi Daerah Yang Terapkan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

Sejak menggelar aksi sedekah minyak jelantah pada 8 Mei 2019, Rumah Sosial Komunitas Tajahud Berantai (Kutub) terus melakukan sosialisasi ke daerah-daerah di sekitar wilayah Jabodetabek. Kali ini, giliran kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan yang ikut menerapkan gerakan sedekah minyak jelantah.

Pondok Labu Terapkan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

Gerakan sedekah minyak jelantah ini sendiri merupakan gerakan hidup sehat (go health), hidup bersih (go green), dan hidup berkah (go berkah). Melalui gerakan ini, Rumah Sosial Kutub ingin mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan minyak jelantah dan tidak membuangnya di sembarang tempat.

[Baca Juga: Sudin LH Jakarta Selatan Resmikan Program Sedekah Minyak Jelantah]

Bahkan gerakan ini pun mendapat dukungan dari Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. Menurutnya, minyak jelantah yang sering dianggap sebagai minyak bekas tersebut jika tidak dibuang ke tempat yang benar malah akan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Untuk itu kata Isnawa, kehadiran Rumah Sosial Kutub dengan ide sedekah minyak jelantahnya dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat dari limbah tersebut. Program ini kata Isnawa juga dapat menjadi contoh pemeliharaan lingkungan yang dilakukan pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pondok Labu Terapkan Gerakan Sedekah Minyak Jelantah

"Kami mengajak warga untuk menorehkan sejarah dengan cara sedekah minyak jelantah. Sekarang minyak jelantah dibuang begitu saja sehingga gorong-gorong dan saluran air rusak. Itu jelas merusak lingkungan juga," terang Isnawa.

Dalam pelaksanannya, minyak jelantah hasil sedekah akan dikumpulkan terlebih dahulu oleh warga dalam sebuah jerigen. Baru kemudian Rumah Sosial Kutub yang akan berperan dalam pengolahan minyak bekas tersebut.

Nantinya, minyak jelantah akan dijual ke Eropa sebagai bahan baku biodiesel. Sebagian hasil penjualan minyak jelantah itu pun akan dikembalikan ke warga masyarakat, sedangkan sisanya akan digunakan untuk kegiatan sosial atau pembelian buku bagi para anak yatim, dhuafa, dan mereka yang membutuhkan.

[Baca Juga: Jangan Buang Minyak Jelantah Sembarangan, Sedekahin Aja!]

Sementara itu, Direktur Rumah Sosial Kutub, Suhito, menjelaskan bahwa target program ini adalah semua kelurahan di Jakarta bisa bergabung. Pihaknya akan mendistribusikan 6.000 jeriken minyak jelantah ke seluruh wilayah Jakarta dengan pembagian satu tangki jeriken untuk tiap RT.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 11 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 11 months lalu
    Natasya88

    Banyak orang yang telah ambil Hadiah Angpao 5% Hingga meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

  • Natasya88 2 years, 11 months lalu
    Natasya88

    Ada yang mau Kenalan sama temenku cewek ga ? Lg cari om2 katanya guys. kalu ada yang mau lsg saja ( <a href="https://dupa88.co/promotion" rel="nofollow noopener" title="Dewi Karlina">Click Disini</a> ) ya :)