Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

Berbicara tentang Pondok Pesantren di Jawa Timur, kita bisa mendapatinya hampir di setiap kecamatan yang ada. Setiap Pondok Pesantren tentunya memiliki keunggulan dalam sistem dan lingkungannya, seperti yang dapat kita lihat di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Jalur Lintas Barat (Jalibar), Kota Batu. Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu. Ponpes ini memilih nuansa dingin Kaki Gunung Van der Man sebagaimana Al-Hikmah Islamic Boarding School dan Al-Izzah International Boarding School memilih untuk berada di Kaki Gunung Arjuno.

“Setiap hari nuansa sejuk membuat sekolah ini selalu ber-tadabbur dengan alam. Rasa syukur yang dapat dilihat setiap kali membuka mata dan menjelang tidur menjadi bagian dari cara para santrinya untuk mempraktikkan apa saja yang dituliskan dalam Ayat Al-Qur’an, bagaimana hubungan manusia dengan alam bisa menjadi jalan mengingat-Nya,” terang Farich, salah seorang pengajar Al-Qur’an yang mengamati dan mempelajari Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Kota Batu.

Abu Kautsar 1.jpg

Sebagaimana dikatakan oleh Farich, setiap berkah alam adalah bagian dari bagaimana Tuhan mengajak hamba-Nya untuk bersyukur. Setiap yang dapat diamati di lingkungan sekitar adalah metode untuk memaknai ayat-ayat Tuhan. Oleh sebab itu, Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar ini memiliki keunggulan tersendiri dalam mendayagunakan lingkungan sekitarnya.

Ponpes ini memiliki program Tahfidz untuk beberapa jenjang, anak usia dini sampai sekelas sekolah menengah bisa memiliki program yang sesuai dengan kemampuannya. Menghafal Al-Qur’an sendiri dipelajari sebagai tanggungjawab sekaligus sukacita oleh ponpes ini. Oleh sebab itu, penjagaan nilai-nilai dalam ayat-ayat Al-Qur’an pun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kiat yang kuat pun ditekankan pada para santrinya, terutama dalam kesabaran untuk menghafal dan memahami setiap huruf dalam ayat-ayat Tuhan. Sebab, tidak banyak orang sanggup menghafal dan menjaganya sepanjang masa.

“Menghafal Al-Qur’an itu tanggungjawab, namun untuk mempermudahnya, kita harus menemukan cara yang membahagiakan ketika menghafalnya,” terang Farich menutup penjelasannya.


Read More

Ponpes TAHFIDZ AL-QUR'AN ZAIN ABU KAUTSAR

Pondok Pesantren

+6281389050620
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.