Pos Susu Ramban 2.jpg

Bisnis

Pos Penampungan Susu Ramban, dari Peternak untuk Warga Malang Raya

Sumber daya alam baik dalam hal ruang ataupun subjek ekosistem di Malang Raya begitu melimpah. Salah satu subjek ekosistem tersebut adalah kambing dan sapi, yang mana selain menyumbangkan nutrisi dalam produksi daging merah, juga dalam berliter-liter susu. Kambing dan sapi di Malang Raya, salah satunya dikembang-biakkan secara masif di Ngantang, Kabupaten Malang. Mendapati setiap desa di kecamatan ini memiliki peternakan sapi untuk diperah dan disembelih sebagai sumber nutrisi sudahlah hal yang lumrah. Oleh sebab itu, Pos Penampungan Susu Ramban pun menjadi pusat distribusi dari para peternaknya kepada konsumennya.

Pos Penampungan Susu Ramban ini berada di Desa Ngramban dan sudah menjadi ruang interaksi ekonomi serta sosial para masyarakat peternakan di Ngantang. Pos penampungan ini dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung untuk menjaga setiap susu yang diperah tetap segar sebelum didistribusikan ke berbagai daerah di Malang Raya. Fasilitas yang dimaksud adalah drum-drum steinless yang memisahkan setiap jenis susu bergantung pada spesies penghasil susunya. Setiap susu kambing dalam spesies yang sama akan dikumpulkan dalam satu drum besar setinggi dua kali manusia Indonesia pada umumnya, hal yang serupa pun dilakukan untuk produk susu sapi. Drum ini dilengkapi dengan mesin pendingin yang memanfaatkan nitrogen daripada sekedar freezer.

Pos Susu Ramban 1.jpg

Kesegaran dari setiap susu yang dutampung di Penampungan Susu Ramban bisa dijamin. Hal ini disebabkan adanya pembatasan periode sebelum susu disebarkan. Untuk prosesnya, semua dilakukan dalam masa maksimal 1 minggu sebab semua susu ini tidak diberi pengawet khusus. Namun demikian, untuk perusahaan yang menginginkan susu yang cocok untuk pembuatan keju, biasanya waktu maksimal pengambilan adalah satu minggu sejak susu tersebut ditampung.

“Pos Penampungan Susu Ramban ini sudah bekerja sama dengan banyak enterpreuneur yang berusaha dalam bidang susu. Biasanya mereka membuat produk susu rasa-rasa dan banyak bisa ditemukan dalam bentuk kedai dan usaha rumahan di Malang Raya,” terang Iswanto, seorang pengurus sekaligus peternak dari Ngantang kepada PingPoint pada 9 Januari 2021.


Read More

Pos Penampungan Susu Ramban

Pemerahan Susu

None
None

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.