Pos Susu Ramban 2.jpg

Bisnis

Pos Penampungan Susu Ramban, dari Peternak untuk Warga Malang Raya

Sumber daya alam baik dalam hal ruang ataupun subjek ekosistem di Malang Raya begitu melimpah. Salah satu subjek ekosistem tersebut adalah kambing dan sapi, yang mana selain menyumbangkan nutrisi dalam produksi daging merah, juga dalam berliter-liter susu. Kambing dan sapi di Malang Raya, salah satunya dikembang-biakkan secara masif di Ngantang, Kabupaten Malang. Mendapati setiap desa di kecamatan ini memiliki peternakan sapi untuk diperah dan disembelih sebagai sumber nutrisi sudahlah hal yang lumrah. Oleh sebab itu, Pos Penampungan Susu Ramban pun menjadi pusat distribusi dari para peternaknya kepada konsumennya.

Pos Penampungan Susu Ramban ini berada di Desa Ngramban dan sudah menjadi ruang interaksi ekonomi serta sosial para masyarakat peternakan di Ngantang. Pos penampungan ini dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung untuk menjaga setiap susu yang diperah tetap segar sebelum didistribusikan ke berbagai daerah di Malang Raya. Fasilitas yang dimaksud adalah drum-drum steinless yang memisahkan setiap jenis susu bergantung pada spesies penghasil susunya. Setiap susu kambing dalam spesies yang sama akan dikumpulkan dalam satu drum besar setinggi dua kali manusia Indonesia pada umumnya, hal yang serupa pun dilakukan untuk produk susu sapi. Drum ini dilengkapi dengan mesin pendingin yang memanfaatkan nitrogen daripada sekedar freezer.

Pos Susu Ramban 1.jpg

Kesegaran dari setiap susu yang dutampung di Penampungan Susu Ramban bisa dijamin. Hal ini disebabkan adanya pembatasan periode sebelum susu disebarkan. Untuk prosesnya, semua dilakukan dalam masa maksimal 1 minggu sebab semua susu ini tidak diberi pengawet khusus. Namun demikian, untuk perusahaan yang menginginkan susu yang cocok untuk pembuatan keju, biasanya waktu maksimal pengambilan adalah satu minggu sejak susu tersebut ditampung.

“Pos Penampungan Susu Ramban ini sudah bekerja sama dengan banyak enterpreuneur yang berusaha dalam bidang susu. Biasanya mereka membuat produk susu rasa-rasa dan banyak bisa ditemukan dalam bentuk kedai dan usaha rumahan di Malang Raya,” terang Iswanto, seorang pengurus sekaligus peternak dari Ngantang kepada PingPoint pada 9 Januari 2021.


Read More

Pos Penampungan Susu Ramban

Pemerahan Susu

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.