Positif Omicron Sentuh Angka 68 Orang, Pemprov Jawa Barat Lakukan Antisipasi.jpg

Kesehatan

Positif Omicron 68 Orang, Pemprov Jawa Barat Lakukan Antisipasi

Dari hari ke hari, kasus positif COVID-19 varian Omicron terus bertambah melalui upaya penelusuran serta pengetatan terhadap orang yang baru kembali dari luar negeri oleh pemerintah. Di mana berdasarkan pengumuman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 29 Desember 2021, terhitung sudah ada 68 kasus positif Omicron yang ditemuakan di Indonesia dengan mayoritas di antaranya adalah para pelaku perjalanan luar negeri. Mendengar perkembangan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat siap memperketat upayanya demi mencegah Omicron masuk wilayahnya.

Kabar mengenai memperkuat upaya protokol kesehatan atau prokes 5M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas) serta 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) dari Pemprov Jawa Barat ini disampaikan pada pekan ini oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Di mana dirinya memimpin gelaran Rapat Pimpinan di Gedung Sate Bandung pada 28 Desember 2021.

Positif Omicron Sentuh Angka 68 Orang, Pemprov Jawa Barat Lakukan Antisipasi .jpg

“Tidak ada hal baru dalam penanganan COVID, mau apapun namanya, treatment-nya sama saja. Pemerintah melakukan 3T, masyarakat melakukan 5M,” ujar Kang Emil, sebagaimana dikutip dari Humas.jabarprov.go.id (29/12/2021).

Kemudian persiapan lainnya adalah penyiagaan infrastruktur kesehatan demi mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan pasien COVID-19. Di mana persiapan ini mencakup rumah sakitnya, jumlah tempat tidur, hingga persediaan oksigen. Selain itu Pemprov Jawa Barat juga akan terus menggenjot upaya vaksinasi COVID-19 yang disebut nyaris menyentuh angka 75 persen untuk dosis pertama.

Langkah Pemprov Jawa Barat ini tak terlepas dengan meningkatnya kasus positif Omicron di Tanah Air tapi yang lebih mengkhawatirkan adalah bukan yang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri tapi yang memang bersifat transmisi lokal. Di mana berdasarkan temuan Kemenkes, satu kasus transmisi lokal ini terjadi pada seorang pria berusia 37 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

[Baca Juga: Terinfeksi Omicron, Puluhan Orang Karantina di Wisma Atlet dan RSPI]

Ia merupakan warga Kota Medan yang setiap sebulan sekali ke Jakarta dan pada 6 Desember, ia dan istri tiba di Ibu Kota pada 6 Desember 2021. Saat di Jakarta ia sempat perg ke Mall Ashtra Distric 8 SCBD pada 17 Desember 2021 dan dua hari kemudian pergi ke Rumah Sakit Grand Family di Penjaringan Jakarta Utara untuk antigen sebagai persyaratan pesawat untuk kembali ke Medan. Dari sini diketahui bahwa pria itu positif COVID-19 dengan istrinya negatif.

Lalu pada 20 Desember 2021, ia mengikuti tes PCR dan dilanjukan dengan membawa sampelnya ke Laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia. Pada tanggal 26 Desember 2021 barulah terungkap bahwa ia terinfeksi COVID-19 varian Omicron dan menjadi yang pertama tertular secara lokal. Pasien transmisi lokal Omicron itu langsung dibawa ke RSPIR Sulianti Saroso untuk diisolasi dengan kondisi dirinya yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala atau OTG.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.