Posko Kesehatan Tangerang Layani Ribuan Pasien Bencana Banjir

Kesehatan

Posko Kesehatan Tangerang Layani Ribuan Pasien Bencana Banjir

Hujan deras yang melanda wilayah Jabodetabekmengakibatkan banjir di sejumlah titik. Tangerang, terkena banjir di 294 titik. Musibah banjir yang berdampak membuat warga Tangerang diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kini, banjir pun sudah mulai surut. Pemeritah Kota (Pemkot) Tangerang bersama TNI dan Polri dan juga masyarakat yang terdampak terus bekerja bakti membersihkan sampah sisa banjir. Pemkot melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang sudah membuka 41 Posko Kesehatan yang tersebar di 13 Kecamatan dengan mengerahkan 984 tim medis. Dinas Kota Tangerang memberikan pelayanan kepada warga berupa psikis maupun medis.

Posko Kesehatan Tangerang Layani Ribuan Pasien Bencana Banjir

Seperti dilansir laman tangerangkota.go.id (06/01/2020). Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi, mengungkapkan, sejak hari pertama pada 1 Januari 2020, banjir melanda Kota Tangerang, sekitar ribuan pasien berhasil ditangani di Posko Kesehatan.

Liza menyebutkan data yang diperolehnya pada 5 Januari 2020 per pukul 12.30 ada 4185 pasien yang ditangani oleh Dinkes dengan rincian 2668 pasien kasus penyakit dan 1.517 pasien dengan luka ringan. “Ada dari mereka yang juga terkena flu, diare dan penyakit ringan lainnya seperti penyakit kulit,” ungkap Liza.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Siagakan Puluhan Posko Kesehatan Korban Banjir]

Liza menambahkan, dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Tangerang, ada empat warga yang meninggal dunia. Yaitu, Jhon Andres (15), Warga Nerogtog, akibat berenang menggunakan batang pisang. Rodisana, Warga Ciledug, yang menurut keluarga tidak mau di evakuasi, M, Fatir (14) Warga Ketapang, dugaan jatuh dan hanyut. Terakhir, Jamilah, (52) Warga Batu Ceper, diduga tersengat listrik.

“Alhamdulillah, adanya pelayanan kesehatan dari ratusan petugas kesehatan Dinkes Kota Tangerang, cukup menjawab kekhawatiran para pengungsi atau korban banjir lainnya. Terlebih, bagi mereka yang trauma melihat bangunan rumahnya yang habis terendam banjir,” jelas Liza.

[Baca Juga: Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit]

Diketahui, posko kesehatan Dinas Kesehatan masih akan beroperasi sampai tanggal 07 Januari 2020, penyuluhan kesehatan lewat edukasi PHBS juga akan menjadi salah satu langkah ke depan dalam proses pemulihan, pascabencana yang terjadi di Kota Tangerang di awal tahun ini. Liza juga mengingatkan penyakit Leptospirosis yang membahayakan pasca banjir.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna 2 years, 4 months lalu
    hanna

    Hanya di qqharian,co website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain  dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di juaraharian,com / qqharian,info