Posyandu Kajar 1.jpg

Kesehatan

Posyandu yang Aktif Kembali, Bahagiakan Ibu dan Anak Se-Kota Batu

Sesuatu yang dilarang di masa pandemi ini. Adanya jarak yang harus ditaati menjadi sebuah keniscayaan yang tak boleh diabaikan apabila harus berada di keramaian. Oleh sebab itu, Posyandu di Kota Batu sempat sepi dalam beberapa waktu lamanya. Memang masih ada, namun tidak semua orang tua mengikutsertakan anaknya ke dalam kegiatan posyandu sebab khawatir bila berada dalam kerumuman. Tak ayal, dokter-dokter anak dan layanan pribadi bidan setempat menjadi pilihan yang banyak dilakukan orang tua di Kota Batu. Namun demikian, gencarnya vaksinasi di Kota Wisata ini, kini membuka kembali ruang interaksi Posyandu di Kota Batu.

Salah satu potret ramainya kebahagiaan di saat Posyandu ada di Dusun Kajar, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji pada 11 Januari 2022. Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.30 sampai 11.00 WIB itu diikuti oleh warga dusun setempat yang memilih anak berusia 0 sampai 1 tahun. Ramanya kegiatan Posyandu ini juga serentak terlihat di berbagai pusat kesehatan dusun di Kota Batu. Hal ini menjadi sebuah program lanjutan dari Kementrian Kesehatan yang dilakukan ke segala penjuru.

[#R]

Posyandu menjadi sebuah ruang pertama untuk menjaga pos gizi anak, yang mana diketahui melalui grafik pertumbuhan berat dan tinggi badan anak. Setiap kegiatan dilakukan ahli gizi dan bidan setempat dihadirkan untuk menjadi konsultan yang boleh ditanyai secara gratis. Masalah yang dialami buah hati selama masa pertumbuhannya menjadi perhatian untuk dihindari. Stunting misalnya, menjadi sesuatu yang memiliki tanda merah agar berhenti berkelanjutan di Malang Raya. Perhatian ini menjadi sebuah potret program kesehatan Pemerintah Malang Raya, tak terkecuali di Kota Batu.

Posyandu Kajar 2.jpg

Kegiatan Posyandu ini selain bermanfaat secara kesehatan, juga menjadi ruang interaksi para orang tua, terutama ibu-ibu. Setelah sekian lama lebih banyak di rumah, ibu-ibu kini lebih merasa aman berinteraksi selama posyandu, meskipun tetap memakai masker.

“Enaknya Posyandu yang diadakan setiap dusun itu, sekarang selalu dapat bekal makanan sesuai anak ditimbang barat badannya dan diukur tingginya,” terang Elmi, seorang warga Bumiaji yang memiliki anak berusia 1 tahun ketika Posyandu bulan Januari ini.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.