Potensi Bisnis Budget Hotel di Pasar Minggu

Bisnis

Potensi Bisnis Budget Hotel di Pasar Minggu

Budget hotel alias hotel ramah anggaran bagaikan magnet di belantara industri perhotelan. Lokasi yang menjadi incaran hotel budget ini adalah kawasan sub-urban, kota besar, serta kota-kota kecil yang mencatat pertumbuhan ekonomi. Lokasi seperti inilah yang dilirik oleh investor budget hotel di Pasar Minggu.

Tentu ada alasan bagi investor untuk berbisnis hotel budget tersebut. Ada yang melihat perkembangan bisnis budget selaras dengan perkembangan bisnis maskapai penerbangan. Semakin banyak penumpang maskapai berbiaya rendah, maka semakin banyaklah peluang bisnis hotel budget ini. Banyak penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan itu membutuhkan hotel yang tidak terlalu mewah. Mereka mengincar hotel dengan layanan sederhana, tetapi nyaman untuk melakukan aktivitas--baik bisnis, wisata atau untuk rapat di luar kota.

Hotel budget memiliki peluang karena tingginya permintaan dari pasar wisatawan domestik. Okupansi (tingkat keterisian) budget hotel yang sudah ada juga bagus. Okupansi hotel budget sepanjang kuartal pertama tahun 2018 ini sudah mencapai di atas 70 persen. Bahkan, saat peak season dan long weekend malah bisa mencapai 90%-100%.Pasar yang ingin dijaring budget hotel adalah pebisnis yang tidak tinggal terlalu lama, hanya satu-dua hari. Biasanya mereka adalah pelaku bisnis yang sering melakukan perjalanan antar kota.

Selain okupansi yang tinggi, modal mendirikan hotel budget terbilang rendah ketimbang membangun hotel berbintang. Rata-rata, perusahaan properti yang membangun hotel budget merogioh investasi sekitar Rp30 miliar sampai Rp40 miliar, termasuk tanah. Dengan biaya investasi yang rendah ini, hitungan balik modalnya juga lebih cepat ketimbang membangun hotel berbintang yang membutuhkan modal besar.

Amaris Pancoran

PT. Amaris International Management bekerja sama dengan PT Dyandra Promosindo membuka hotel ke-31 di bilangan Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan. Hotel ini juga merupakan jaringan hotel ke-62 milik grup Santika Indonesia Hotel & Resorts.

Mereka memilih lokasi di kawasan Pancoran ini karena merupakan pusat bisnis cukup sibuk dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Hotel Amaris Pancoran memiliki 91 kamar dalam bangunan enam lantai. Kapasitas pengunjung hingga 60 orang. Selain di Pancoran, sebelumnya 12 hotel Amaris di Ibukota yang sudah beroperasi terletak di Bandara Soekarno Hatta, Grogol, Juanda, Mangga Besar, Mangga Dua Square, Panglima Polim, Seasons City, Senen, Tendean, Thamrin City, dan Tebet.

Alamat: Jalan Raya Pasar Minggu No.15 A, RT.7/RW.9, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780

Telepon: +6221 7949777

Favehotel PGC Cililitan

Favehotel PGC Cililitan

Hotel dengan khas warna magenta ini merupakan budget hotel ke-8 dari Archipelago International yang dibuka pada tahun 2013. Berlokasi di lantai atas pusat perbelanjaan Pusat Grosir Cililitan (PGC) di Jalan Mayjen Sutoyo, hotel ini dekat dengan akses jalan tol, Bandara Halim Perdanakusuma, dan pusat kebudayaan nasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hotel ini mempunyai 194 kamar terbagi dalam Kamar Standar, Superior, Deluxe, Premier dan Kamar Suite. Ada 10 ruang pertemuan dan ballroom yang nyaman, mini mart, dan restoran khusus untuk brand Fave yaitu Lime Café Shop. Favehotel juga dibuka di Gatot Subroto, LTC Glodok, dan Melawai. Semenjak diluncurkan pada tahun 2009, Favehotel telah menjadi yang terdepan bagi sektor budget hotel. Saat ini, Favehotel telah mengoperasikan 20 hotel diseluruh Indonesia dan Malaysia, di antaranya delapan hotel di Jakarta dan lima hotel di Bali, serta lebih dari 40 properti sedang dalam pembangunan di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Alamat: Jalan Mayjen Sutoyo No. 76, RT.2/RW.13, Cililitan, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13640

Telepon: +6221 80884545

Hotel Neo Tendean

Hotel Neo Tendean

Neo Tendean merupakan hotel Neo ketiga di Jakarta setelah Neo Hotel Cideng dan Neo Hotel Melawai sukses beroperasi. Dengan membawa konsep standar minimalis budget hotel ke tingkat yang berbeda, NEO Tendean Jakarta memadukan seni kontemporer yang autentik dan desain interior yang menyegarkan serta fasilitas kamar yang mewah.

Memiliki 95 kamar, hotel ini memilik desain stylish dan kenyamanan modern, dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan cafe. NEO Tendean juga dilengkapi dengan ruang parkir yang luas, dua ruang pertemuan modern serta WiFi berkecepatan tinggi di seluruh hotel sehingga memudahkan pelancong bisnis untuk tetap terhubung dengan bisnisnya. Dikelilingi oleh berbagai tempat makan favorit di daerah Senopati dan Santa, para tamu dapat menikmati keuntungan dari lokasi yang berkembang ini. Dengan akses yang mudah menuju jalan tol, hotel ini terletak hanya 25 menit dari pusat perbelanjaan terkenal Blok M, Kemang Pacific Place, Senayan City, dan satu jam berkendara dari pusat perbelanjaan mewah Pondok Indah Mall. Dengan kendaraan Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dapat ditempuh dengan waktu 2,5 jam, sedangkan SCBD (Sudirman Central Business District), Mega Kuningan, dan kantor-kantor pemerintahan hanya beberapa menit saja dari hotel.

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No.131, RT.2/RW.2, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Telepon: +6221 7226688

Selain tiga budget hotel di Pasar Minggu tersebut, masih banyak hotel lain yang jaringannya masuk hingga apartemen, perumahan, dan mal. Jaringan budget hotel memungkinkan bagi pebisnis memiliki hotel tanpa harus memiliki tanah dan bangunan. Inilah yang membuat bisnis budget hotel makin menarik. Ke depannya, berkembang atau tidak bisnis ini, ada di tangan konsumen.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.