ads
POUND FIT DENGAN STICK DRUM BISA BAKAR KALORI

Kesehatan

Pound Fit, Dengan Stick Drum Bisa Bakar Kalori

Pound fit merupakan olahraga modifikasi yang mengombinasikan kardio, pilates dan yoga dengan melakukan gerakan konstan layaknya menabuh drum. Karena olahraga ini masih baru, tidak semua studio olahraga memiliki kelas pound fit. Dua studio di Jakarta Pusat, yaitu Core Studio Menteng dan Raga Studio, memiliki kelas olahraga yang tengah popular ini.

Olahraga ini biasanya dilakukan selama 45 menit, dengan dilengkapi alas olahraga dan sepasang ripstix yang bentuknya menyerupai stik drum, dengan desain menarik dan ringan dengan berat sekitar 100 gram. Untuk memacu semangat, olahraga ini diiringi lagu terkini bertempo cepat.

Pound fit diciptakan oleh dua perempuan yang berprofesi sebagai penabuh drum, yaitu Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom dari Amerika Serikat. Karena itulah gerakannya banyak terinspirasi dari bermain drum yang enerjik. Diperkenalkan pertama kali di Amerika pada tahun 2011, tadinya pound fit hanya punya satu kelas saja di Los Angeles. Namun sekarang, olahraga ini dikenal secara global dan sudah ada 7.000 instruktur bersertifikat yang mengambil kelas tersebut.

[Baca Juga : Sehat Melalui Yoga di Taman Suropati Menteng Jakarta]

Di Indonesia, kelas pound fit baru diadakan dan diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2016 oleh seorang instruktur kebugaran terkenal Laila Munaf, yang juga mengusung zumba masuk ke Indonesia. Berikut beberapa manfaat mengikuti olahraga pound fit:

  1. Olahraga ini fokus pada penguatan tubuh dan otot secara menyeluruh. Walau ada juga yang menargetkan bagian tubuh tertentu seperti menguatkan otot core. Alhasil, bisa meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak juga.
  2. Gerakan pound fit mampu membakar kalori dengan cepat. Latihan 45 menitnya sama dengan olahraga kardio intensitas tinggi yang bisa membakar antara 700 hingga 1.000 kalori. Dengan kata lain, bisa menurunkan berat badan asal diiringi pola makan yang sehat juga.
  3. Seperti olahraga lain, bila dilakukan secara teratur, pound fit bisa membantu meredam stres serta menjaga pikiran tetap imbang.
  4. Penggunaan ripstix pun punya keunggulan, yakni membantu menguatkan dan menyelaraskan otot lengan, lengan atas, dada, dan bahu.

Gerakan Dinamis

Ritme gerakan pound fit sangat cepat, enerjik, serta menuntut koordinasi tinggi antara tubuh dan gerakan menabuh. Mulai dari pemanasan sampai pendinginan, jantung akan terus dipompa dengan hentakan lagu bertempo cepat. Gerakannya pun padat dan variatif, sehingga kelelahan berolahraga jadi tidak terasa.

[Baca Juga : Penyebab dan Penanganan Keseleo Akibat Olahraga]

Gerakan yoga dan pilates yang digunakan dalam pound fit menggunakan gerakan isometrik dan pliometrik, yaitu squats, lunges, jumps, twists, forward bends, dan stretches. Semua gerakan tersebut selalu dikombinasi dengan gerakan tangan yang memegang ripstix sehingga tubuh akan terus bergerak mengeluarkan lebih banyak kalori. Ripstix diadu satu sama lain serta dipukul-pukul ke alas yoga seiring dengan irama musik dan gerakan tubuh lainnya. Intinya, orang akan berolahraga secara total dengan cara yang menyenangkan.

Menurut Laila Munaf, seperti dikutip dari Beritagar, pound fit dianjurkan untuk usia 14 tahun ke atas karena ada unsur kebugarannya. Selain itu, sebelum mengikuti pound fit alangkah lebih baik jika menguasai gerakan yoga dan pilates lebih dulu, terutama squat.

Anda yang ingin mencobanya, bisa berlatih pound fit secara daring, atau mengikuti salah satu kelasnya di Core Studio Menteng yang beralamat di Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, Jakarta Pusat dan Raga Studio dengan alamat Jl. RP. Soeroso No.32, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  6 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads