PPDB SMP di Kota Depok Sudah Dimulai

Pendidikan

PPDB SMP di Kota Depok Sudah Dimulai

Masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui sistem zonasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) secara online telah dilaksanakan sejak 4 Juli 2019. Di Kota Depok terdapat sekitar 26 SMPN yang siap menampung ribuan murid untuk PPDB 2019. Menariknya, dalam sistem zonasi yang diterapkan di Depok terdapat beberapa bagian yang akan memengaruhi proses penilaian penerimaannya.

Kepala Senik Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Depok Yusuf menuturkan bahwa PPBD 2019 menerapkan tiga jalur penerimaan yang terdiri dari zonasi, prestasi, dan perpindahan orangtua dengan kuotanya 6.976 murid baru. Sedangkan untuk PPDB melalui jalur zonasi di Kota Depok berjalan selama dua hari, yakni 4-5 Juli 2019.

PPDB SMP di Kota Depok Sudah Dimulai

“Jalur zonasi ini menggunakan penilaian dari 10-100 tergantung jarak dari rumah ke sekolah yang dituju,” jelas Yusuf, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (5/7/2019). Kemudian nilai ini juga dapat dibagi beberapa poin seperti siswa tidak mampu diberikan 20 persen, anak berkebutuhan khusus lima persen, anak pendidik serta tenaga kependidikan lima persen, anak luar kota tiga persen, anak berprestasi tujuh poin, dan zonasi reguler 50 persen.

[Baca Juga: Mulai Dibuka Pendaftaran Jalur Zonasi PPDB SMP dan SMA di Jakbar]

Pada hari pertama PPDB SMP di Kota Depok terdapat respons yang beragam dari para orangtua serta wali murid. Di SMPN 3 Depok yang berlokasi di Jalan Barito Raya, Kecamatan Sukmajaya disebut berjalan dengan lancar yang di mana sekolah ini menerapkan dua sistem PPDB, yaitu daftar langsung ke sekolah atau secara online. “Alhamdulillah hari pertama berjalan lancar, pendaftar melakukan proses pendaftaran secara teratur,” ucap Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 3 Depok Irawadi, sebagaimana dikutip dari depok.go.id.

Namun hal yang berbeda terjadi di SMPN 8 Kota Depok yang berlokasi di Jalan Komplek Timah, Kecamatan Cimanggis. Pasalnya, antrean panjang sempat mengular di sana dengan para orangtua dan wali calon murid baru sudah menunggu semenjak subuh agar bisa mendaftarkan putra-putri mereka di sana. Padahal pengambilan nomor antrean sebenarnya sudah dijadwalkan baru dimulai pada pukul 08.00 WIB.

[Baca Juga: Anies Baswedan: Zonasi Sekolah PPDB di Jakarta Telah Disesuaikan]

Sebagaimana dilansir dari suara.com, para orangtua dan wali yang mengantre ada yang mengklaim tak mengetahui bahwa mereka bisa mendaftar online dan ada juga yang mengetahuinya. Namun bagi yang sudah tahu pun mereka memilih untuk datang langsung karena berpikir bahwa peluang buah hati mereka diterima lebih tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.