PPDB DKI Jakarta 2021 Resmi Digelar, Ini Jalur Pembagiannya dan Jadwalnya.jpg

Pendidikan

PPDB SMP Kota Tangerang Lancar 100 Persen, Tahap Dua Siap Dibuka

Di tengah kondisi lonjakan COVID-19 yang belum melandai, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Tangerang tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Proses yang telah dirancang dan bergulir secara full online tersebut, resmi mengakhiri tahap pertama dengan catatan yang sangat memuaskan.

Sesuai rekapan akhir tahap pertama yang dilakukan Dinas Pendidikan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, PPDB tingkat SMP tahun ini berjalanan tanpa catatan hambatan yang serius. Bahkan, untuk proses tahap pertama ini mendapatkan respon antusias pendaftar yang cukup tinggi dari masyarakat.

Dari catatan yang telah diumumkan secara resmi, PPDB tingkat SMP Kota Tangerang tahap pertama tahun ini mencatat 16.519 calon siswa pendaftar yang memperebutkan 10.906 peluang bangku kosong yang tersedia di 33 SMPN di seluruh Kota Tangerang.

“Berjalan dengan lancar, baik sistem atau pun aturan. Tidak terlalu banyak kendala, hambatan atau aduan. Semua cepat tanggap dan ditangani,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaludin seperti diberitakan .tangerangkota.go.id (8/7/2021).

PPDB -- Surya Malang.jpg

Tahap pertama yang selesai ditutup per tanggal 7 Juli 2021, kemarin, juga mencatatkan antusias yang serupa di berbagai jalur yang disediakan. Jalur zonasi misalnya, dari 5.453 kuota bangku yang tersedia, sudah menyerap pendaftar sampai di angka 5.371 pendaftar. Sedangkan untuk jalur afirmasi juga hampir sama, dari 1.545 kuota yang tersedia, sudah menyerap 1.507 pendaftar.

Hanya di jalur perpindahan orang tua dan jalur anak berkebutuhan khusus (ABK) yang belum menyerap pendaftar dengan jumlah yang sangat signifikan. Yakni, 175 dari 530 kuota jalur perpindahan orang tua, serta 7 dari 102 kuota jalur ABK. Namun, dari akumulatif catatan tersebut, hampir mencapai 100 persen kuota yang tersedia sudah dipenuhi oleh calon siswa pendaftar.

“Dari data tersebut, hampir 100 kuota yang tersedia sudah terserap. Yang cukup terlihat hanya di jalur perpindahan orang tua dan jalur anak berkebutuhan khusus (ABK). Sisanya ini, akan kita buka Kembali PPDB SMPN tahap dua pada 9 Juli mendatang,” lanjut Jamaludin memberikan keterangan.

Selain itu, terdapat beberapa jalur lain yang belum selesai tercatat secara keseluruhan. Yakni kuota jalur prestasi 554 bangku, prestasi raport domisili dalam kota 2.162 bangku, dan prestasi lapor domisili luar kota 535 bangku. Biasanya, di antara beberapa jalur yang tergolong dalam kategori prestasi tersebut, ramai diminati banyak pendaftar.

“Biasanya, jalur prestasi ini tergolong cukup tinggi juga peminatnya. Tergolong jalur yang cepat penuh juga di tahap satu. Tapi kita lihat sampai besok hasilnya. Karena kondisi pandemi COVID-19 sejak tahun lalu ini, membuat banyak pergeseran di dunia Pendidikan,” tegasnya.

Masih Ada Kesempatan, Jalur Prestasi Akademik PPDB 2020 Segera Dibuka

Dari keberhasilan proses PPDB SMP Kota Tangerang tahap pertama, Dinas Pendidikan Pemkot Tangerang optimis mampu menyambut pembukaan tahap dua yang akan dibuka mulai besok, 9 Juli 2021. Selain sebagai kesempatan bagi calon pendaftar yang gagal di tahap sebelumnya, tahap ini juga dibuka untuk menyerap kembali para pendaftar yang tidak cukup mempunyai kesempatan mengikuti PPDB tingkat SMP di tahap sebelumnya.

Sesuai dengan proses sebelumnya, PPDB SMP tahap kedua akan dibuka khusus besok mulai pukul 08.00 sampai 14.00. Serta berjalan dengan proses yang sama, yakni full online, melalui sistem yang telah disediakan. Yakni melalui ppdb.tangerangkota.go.id atau ppdbmandiri.tangerangkota.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.