PPKM Darurat, Penyembelihan Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Berjalan Lancar.jpg

Berita Kawasan

PPKM Darurat, Penyembelihan Kurban Kepulauan Seribu Berjalan Lancar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan imbauan terkait perayaan Iduladha 1442 H, khususnya mengenai tradisi penyembelihan hewan kurban di masa PPKM Darurat. Di mana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar prosesi dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dari mulai penyembelihan hingga pembagian daging kurban kepada warga. Imbauan ini pun dipastikan berjalan sesuai dengan arahanAnies di wilayah Kepulauan Seribu pada perayaan Iduladha kemarin.

Dari sisi penyembelihan hewan kurban, setiap elemen di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu disebut turun ke lapangan untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan sesuai imbauan Gubernur DKI Jakarta. Contohnya adalah di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pada 20 Juli 2021, Camat Kepulauan Seribu Selatan Angga Saputra yang didampingi elemen kecamatan serta para lurah di wilayahnya yang melakukan monitoring proses penyembelihan hewan kurban.

Angga memaparkan ada berapa jumlah hewan kurban yang disembelih di wilayahnya yang terdiri dari Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Untung Jawa, dan Kelurahan Pulau Pari. Setidaknya terhitung ada sekitar 78 hewan kurban, yaitu 26 ekor sapi, 39 ekor kambing, dan 13 ekor domba yang disembelih pada Iduladha 1442 H. Ia menyebut, semua hewan kurban disembelih di area yang jauh dari kerumunan warga dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

PPKM Darurat, Penyembelihan Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Berja lan Lancar.jpg

Hal yang sama juga turut dilakukan elemen Kecamatan Kepulauan Seribu, seperti di Kelurahan Pulau Panggang. Penyembelihan hewan kurban di momen Iduladha 1442 H digelar dengan protokol kesehatan untuk cegah penyebaran COVID-19. Di mana di kelurahan ini ada sekitar 59 hewan kurban yang disembelih.

“Kita ikuti ketentuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun imbauan Majelis Ulama Indonesia dalam menjalankan ibadah pada Iduladha tahun ini. Serta menghindari kerumunan warga adalah dengan menyalurkan daging kurban ke pihak RT,” ungkap Pelaksana Tugas Lurah Pulau Panggang Iskandar, sebagaimana dikutip dari pulauseribu.jakarta.go.id (20/7/2021).

Dari sisi pembagian daging kurban, Pemkab Kepulauan Seribu juga memastikan sesuai dengan imbauan Pemprov DKI Jakarta. Dengan pihak Pemkab yang sudah menyebarkan 5.000 anyaman bambu atau besek sebagai pembungkus daging kurban yang menggantikan kantong plastik. Sedangkan untuk dari sisi kelayakan dagingnya, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kepulauan Seribu sudah melakukan pemantauan pasca-penyembelihan dan memastikan daging layak untuk dikonsumsi.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.