PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal DKI Jakarta Beroperasi.jpg

Berita Kawasan

PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal DKI Jakarta Beroperasi?

Berjarak sepekan sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia atau HUT RI ke-76, Pemerintah Pusat tampaknya masih berhati-hati dalam mengambil kebijakan terkait perkembangan kasus COVID-19. Hal ini terlihat dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 2-4 di Jawa dan Bali. Namun terlihat pemerintah mulai melunakkan kebijakan PPKM Level 4 dengan memutuskan untuk mengizinkan kembali pusat perbelanjaan atau mal kembali beroperasi.

"Untuk itu, arahan Bapak Presiden maka PPKM Level 4, 3, 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021. Terkait keputusan ini akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri secara lebih detail,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi persnya secara virtual, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (9/8/2021).

Walau kebijakan ini diperpanjang namun Pemerintah Pusat tetap memberikan pelunakan secara perlahan di setiap pengumumannya dan perpanjangan yang digelar semalam mulai menargetkan para pengusaha pusat perbelanjaan. Di mana dalam perpanjangan PPKM Level 4 di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya, mal sudah mulai diujicobakan untuk dibuka kembali.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal DKI Jakarta Beropera si.jpg

Mengingat ini masuk tahap uji coba, Pemerintah Pusat tetap memberikan sejumlah aturan yang harus ditaati pengelola mal dan pusat perbelanjaan selama masa PPKM Level 4 di DKI Jakarta. Di mana sebagaimana dilansir dari Megapolitan.kompas.com (10/8/2021), terdapat empat ketentuan yang wajib dipatuhi yang terdiri dari:

  • Kapasitas pengunjung mal dan pusat perbelanjaan hanya diizinkan 25 persen dari kapasitas normalnya.
  • Beroperasi dengan protokol kesehatan penuh dari pukul 10.00-20.00 WIB.
  • Pengunjng di bawah usia 12 tahun dan di atas 70 tahun tak diizinkan masuk ke area pusat perbelanjaan dan mal.
  • Bioskop, tempat bermain anak, dan tempat hiburan yang beroperasi di dalam pusat perbelanjaan dan mal masih dilarang beroperasi.

Mendengar keputusan dari Pemerintah Pusat yang memperpanjang PPKM Level 4 di wilayahnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan respons positif. Pasalnya dengan kebijakan ini serta warga yang terus mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 maka terlihat titik terang yang baik dalam penanganan pandemi di Ibu Kota.

“Kami menyambut baik kebijakan Pemerintah pusat untuk perpanjangan PPKM Level 4 ini, kita bersyukur tren pandemi penurunannya cukup baik di Jakarta dan dengan perpanjangan level 4 ini, mudah-mudahan angka penurunan akan lebih turun secara signifikan,” imbuh Wagub Ariza


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.