ppkm level1 OK.jpg

Berita Kawasan

PPKM Turun ke Level 1, Wali Kota Semarang Ubah Sejumlah Aturan

Warga kota Semarang patut bergembira dengan status PPKM terbaru saat ini, pasalnya sesuai dengan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19, kota Lumpia ini berhasil turun level PPKM ke level 1 yang beberapa waktu sebelumnya berada di level 2. Atas pencapaian ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan apresiasi dan juga rasa terima kasihnya kepada sejumlah pihak.

Menurut orang nomor satu di kota Semarang ini, turunnya level PPKM di kota Semarang menjadi level satu tentunya tak lepas dari kerjasama dan kerja keras tenaga kesehatan, TNI, Polri, Forkopinda dan juga masyarakat Semarang dalam penanganan COVID-19 di Kota Atlas ini. Masyarakat juga saling bahu-membahu dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Tapi Covid-19 belum selesai, maka jangan lengah. Tetap harus mentaati aturan dan laksanakan prokes dalam aktivitas sehari-hari,” ujar Hendrar Prihadi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (19/10/2021).

Adanya penurunan level PPKM ini membuat sejumlah aturan baru diberlakukan oleh pemerintah kota Semarang. Aturan baru ini mencakup beberapa sektor diantaranya dalam hal penyelenggaran pembelajaran tatap muka, operasional tempat wisata, ruang terbuka publik, Mall dan tempat umum lainnya. Dalam hal pembelajaran tatap muka, Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi mengatakan bahwa pelaksanaannya masih sama seperti penyelenggaraan PTM saat PPKM level 2 beberapa waktu lalu.

PPKM lanjutanOK3.jpg

Aturan baru ini mempersyaratkan aplikasi PeduliLindungi bagi semua pengunjung yang ingin melakukan aktivitas di tempat-tempat umum tersebut. Dalam peraturan baru ditetapkan bahwa tempat umum seperti Mall, hypermarket, supermarket diperbolehkan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB dengan kapasitas pengunjung seratus persen. Sementara rumah makan, kafe, restoran memiliki aturan yang berbeda dimana jam operasional diperbolehkan hingga pukul 24.00 WIB dengan kapasitas pengunjung hanya 75 persen saja.

Sarana hiburan seperti tempat wisata dan ruang terbuka publik dibuka tanpa pengaturan waktu namun pengunjung dibatasi maksimal 75 persennya saja, ini berlaku juga untuk Pedagang Kaki Lima (PKL). Bagi para pemilik usaha yang berada di bioskop, diperbolehkan untuk beroperasi hingga pukul 22.00 WIB dengan kapasitas pengunjung dibatasi hanya 75 persen saja. Jumlah pengunjung dengan kapasitas yang sama juga berlaku untuk pertemuan sosial budaya, resepsi pernikahan dan juga tempat ibadah. “Anak-anak sudah boleh masuk ke tempat wisata. Namun kami tetap ingatkan untuk tetap patuh protokol kesehatan,” tambah Hendi.

[Baca Juga: Level PPKM Turun, Jumlah Wisatawan Taman Lele Semarang Meningkat]

Di kesempatan berbeda, Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika anak-anak diperkenankan untuk memasuki bioskop bagi daerah dengan level PPKM 1 dan 2. Selain itu mereka juga bisa masuk ke tempat bermain yang berada di mal atau pusat perbelanjaan dengan beberapa syarat. "Kami mensyaratkan untuk tempat bermain anak harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," ujar Luhut Binsar Pandjaitan dalam YouTube Sekretariat Presiden pada Senin, 18 Oktober 2021.

ppkm level1 OK2.jpg


Dalam Inmendagri Nomor 53 dan 54 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 yang ditanda tangani oleh Mendagri Tito Karnavian, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali diperpanjang hingga 1 November 2021. Adapun data leveling untuk Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Inmendagri tersebut adalah sebagai berikut.


Level 1:
1. Kota Tegal
2. Kota Semarang

Level 2
1. Kabupaten Wonogiri
2. Kabupaten Sukoharjo
3. Kabupaten Sragen
4. Kota Surakarta (Solo)
5. Kota Salatiga
6. Kota Magelang
7. Kabupaten Klaten
8. Kabupaten Kendal
9. Kabupaten Karanganyar
10. Kabupaten Banyumas
11. Kabupaten Semarang
12. Kabupaten Boyolali
13. Kabupaten Demak.

Level 3
1. Kabupaten Wonosobo
2. Kabupaten Temanggung
3. Kabupaten Tegal
4. Kabupaten Rembang
5. Kabupaten Purworejo
6. Kabupaten Purbalingga
7. Kabupaten Pemalang
8. Kabupaten Pati
9. Kabupaten Magelang
10. Kabupaten Kudus
11. Kota Pekalongan
12. Kabupaten Kebumen
13. Kabupaten Cilacap
14. Kabupaten Banjarnegara
15. Kabupaten Pekalongan
16. Kabupaten Jepara
17. Kabupaten Grobogan
18. Kabupaten Brebes
19. Kabupaten Blora
20. Kabupaten Batang.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.