ppkm level2OK.jpg

Berita Kawasan

PPKM Turun ke Level 2, Ini Beberapa Perubahan Aturan di Kota Semarang

Pada tanggal 30 Agustus 2021 lalu, melalui Presiden Joko Widodo, Pemerintah pusat mengumumkan perpanjangan PPKM level Jawa dan Bali selama tujuh hari kedepan sejak 31 Agustus hingga 6 September 2021. Dikatakan jika dalam satu minggu terjadi tren perbaikan COVID-19 dengan positivity rate yang semakin menurun. Tingkat keterisian rumah sakit juga semakin membaik dengan rata-rata BOR (bed occupancy ratio) nasional sekitar 27 persen. "Untuk itu pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021 untuk wilayah Jawa Bali terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke (PPKM) level 3 yakni Malang Raya dan Solo raya," ujar Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Pengumuman tersebut juga membawa kabar baik bagi kota Semarang karena kota Lumpia ini mengalami penurunan level dari semula level 3 turun menjadi level 2. Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang mengungkapkan beberapa hal terkait perubahan level PPKM di Kota Semarang setelah sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Semarang atas kepatuhan dan bantuannya sehingga PPKM Kota Semarang bisa turun ke level 2. “Selain warga saya juga terima kasih kepada teman-teman Tenaga Kesehatan (Nakes), TNI-Polri dan jajaran Forkopimda yang sudah saling membantu Kota Semarang,” ujar Hendar Prihadi.

ppkm level2OK2.jpg

Orang nomor satu di kota Semarang ini menyampaikan beberapa perubahan yang terjadi dengan adanya penurunan level PPKM ini. Ia mengatakan jika pada PPKM level 2 jumlah pengunjung dan jam operasional di beberapa sektor mengalami perubahan. Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi memberi contoh jika sebelumnya Pedagang Kaki Lima (PKL) hanya boleh membuka lapaknya hingga pukul 20.00 WIB saja, pada PPKM level 2 diperbolehkan hingga pukul 21.00 WIB. Jumlah pengunjungpun dibatasi hingga 75% yang sebelumnya hanya 50% saja. “Misalnya untuk supermarket, tempat ibadah, pasar dan Mall kini sudah sampai 75%. Untuk Mall juga tidak ada perubahan,” terangnya.

Sedangkan untuk pembukaan tempat hiburan seperti bioskop, Hendi belum menerima adanya pengajuan perizinan terkait hal tersebut. Walaupun pada Inmendagri telah dijelaskan jika bioskop sudah bisa beroperasi dengan kapasitas 30%, namun tampaknya para pemilik usaha masih ada pertimbangan lain. Hendi mengira jika kapasitas yang diperbolehkan tersebut menjadi alasan mengapa belum ada yang mengajukan izin untuk membuka bioskop saat ini. Ia menilai jika aturan tersebut tidak sebanding dengan biaya operasional bioskop sehingga mempengaruhi pendapatan bioskop. “Maka sampai sejauh ini belum ada yang mengajukan. Mungkin berat di biaya operasional. Sejauh ini untuk tempat hiburan semuanya masih 30%,” tebak Hendi.

ppkm level2OK3.jpg

Di sektor transportasi sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang telah ditanda tangani Hendrar Prihadi, kapasitasnya masih dibatasi hanya 75% saja, walaupun sebenarnya untuk PPKM level 2 ini kapasitas sudah diperbolehkan hingga 100%. Untuk sektor hiburan seperti mall dan tempat wisata, Hendi mengungkapkan bahwa tidak ada batasan usia untuk pengunjung, namun yang diperbolehkan masuk hanya mereka yang telah melakukan vaksinasi saja. “Maka dari itu untuk anak-anak tetap saja belum bisa masuk karena untuk masuk harus menunjukan tanda sudah vaksin,” ujar Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (31/8/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.