PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar

Pendidikan

PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar

Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Barat (Jakbar) menggelar pelatihan seni musik keroncong pada 7 Oktober 2019 lalu di gedung Satuan Pelayanan Latihan Kesenian Jakarta Barat, Jalan Rama Raya no 1, Kelurahan Rawa Buaya. Keroncong merupakan musik yang berakar dari musik Portugis yang lebih dikenal dengan fado. Musik ini diperkenalkan para pelaut dan budak kapal niaga Portugis sejak abad ke-16 ke Indonesia.

Walau Portugis sejak lama meninggalkan Indonesia, tapi musik keroncong tetap tinggal. Selama perkembangannya musik keroncong terus dimodifikasi sehingga banyak terdapat unsur nusantara, misalnya dengan adanya penggunaan seruling dan beberapa komponen gamelan. Musik keroncong menggunakan set musik seperti biola, ukulele, selo, kadang perkusi juga digunakan. Set musik tersebut hingga kini masih digunakan oleh Keroncong Tugu, di Kampung Tugu, Jakarta Utara dan pindah ke Solo kemudian beradaptasi dengan irama yang lebih lambat.

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Walaupun bukan musik asli nusantara, musik ini memiliki nilai sejarah yang kuat di Indonesia serta telah jadi musik tradisional yang dicintai banyak elemen di masyarakat. Sayangnya, musik keroncong tidak lagi jadi favorit anak muda masa kini. Maka dari itu, seperti yang dilansir dari barat.jakarta.go.id (8/10/2019) pelatihan mengenai seni musik keroncong dilaksanakan untuk para siswa.

Kepala Satuan Pelayanan Latihan Kesenian Jakbar M Fairza Maulana menyebutkan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pelajar SMP dan SMA dalam bidang seni musik keroncong. Selain itu dalam rangka melestarikan seni musik keroncong serta menumbuhkan minat kepada generasi muda khususnya pelajar.

[Baca Juga: Jakarta City Philharmonic Siap Puaskan Peminat Musik Klasik]

Fairza melanjutkan, pelatihan digelar selama sepuluh hari dimulai pada 7 hingga 18 Oktober 2019. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 orang terdiri atas siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta Barat. Instruktur atau pelatih dari tenaga profesional dan seniman.

Setelah mengikuti pelatihan selama sepuluh hari, para peserta akan menampilkan keahliannya saat hari penutupan nanti. "Pelatihan ini gratis. Setelah mengikuti pelatihan sampai selesai, para peserta akan diberikan sertifikat," kata Fairza.

Read More

Artikel Lainnya

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Berita Kawasan

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  17 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  9 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.

Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asik Dengan Spotify Station

Bisnis

Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asik dengan Spotify Station

14 October 2019, 09:00  |  12 Views

Spotify Station merupakan aplikasi streaming musik untuk Anda yang ingin mendengarkan playlis terbaik. Sudah pernah mencobanya?


Comments


Please Login to leave a comment.