Serpong-Kawasan-Pria-Tangerang-Ini-Jadi-Juara-Pemuda-Inspiratif-Nasional-Emil.jpg

Berita Kawasan

Pria Tangerang Ini Jadi Juara Pemuda Inspiratif Nasional

Dalam rangkaian kirab Pemuda yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), lembaga negara tersebut mengadakan lomba Pemuda Inspiratif Nasional 2018. Pada lomba ini, para pemuda-pemudi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia memberikan presentasi terkait gagasan kreatif mereka. Yang keluar sebagai pemenang dari lomba ini adalah seorang pria asal Kota Tangerang bernama Reza Hazmi.

[Baca Juga: Menikmati Kelezatan Gudeg di Kota Tangerang Selatan]

Reza Hazmi yang menjadi perwakilan Kota Tangerang berhasil menjadi juara dengan idenya yaitu mengajak lima anggota karang taruna Karang Tengah dalam mengolah produk asli daerah secara maksimal. Dengan menggunakan ide pemanfaatan buah berenuk, Hazmi berhasil memukau para juri di Kirab Pemuda Kemenpora. Pemuda asal Tangerang itu menyebut bahwa buah ini memiliki berbagai manfaat.

Reza Hazmi Pemuda Inspiratif Nasional 2018

“Sari buah berenuk dapat dijadikan minuman. Sedangkan kulit cangkangnya dapat dijadikan pot tanaman. Inilah yang membuat saya membuat produk ini sekaligus untuk memaksimalkan potensi koperasi,” ucap pemuda yang tinggal di kelurahan Karangtengah tersebut, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (19/11/2018).

Sekadar informasi, buah berenuk berasal dari pohon berenuk yang memiliki nama latin Crescentia cujete. Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika dan Afrika ini memiliki buah yang berbentuk bulat besar dan kulitnya kerap dimanfaatkan sebagai dekorasi.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Mendengar salah satu putra daerahnya berhasil mengalahkan 30 peserta lain yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah pun datang ke rumah Reza. Bahkan ia menyempatkan diri untuk merasakan minuman yang dibuat dari sari buah berenuk.

Buah berenuk untuk minuman menyegarkan.

“Saya baru tahu kalau buah berenuk bisa dijadikan minuman dan menyehatkan. Tahu gini mah dulu buahnya nggak dibuang-buangin, eh sekarang malah jadi manfaat,” ucap Walikota Tangerang usai mencoba sari buah berenuk yang jadi inovasi Reza Hazmi, sebagaimana dilansir dari tangerangkota.go.id.

Arief menyatakan, buah berenuk dapat dijadikan sumber pendapatan dan menjadi identitas dari para warga yang tinggal di Kelurahan Karangtengah RW 08. “Tanam buah berenuk yang banyak, terus jadiin deh Kampung Brenuk. Labelin produknya, jadi orang tahu nama minumannya apa dan pastiin sudah aman dikonsumsi,” usul Walikota Tangerang tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.