Serpong-Kawasan-Pria-Tangerang-Ini-Jadi-Juara-Pemuda-Inspiratif-Nasional-Emil.jpg

Berita Kawasan

Pria Tangerang Ini Jadi Juara Pemuda Inspiratif Nasional

Dalam rangkaian kirab Pemuda yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), lembaga negara tersebut mengadakan lomba Pemuda Inspiratif Nasional 2018. Pada lomba ini, para pemuda-pemudi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia memberikan presentasi terkait gagasan kreatif mereka. Yang keluar sebagai pemenang dari lomba ini adalah seorang pria asal Kota Tangerang bernama Reza Hazmi.

[Baca Juga: Menikmati Kelezatan Gudeg di Kota Tangerang Selatan]

Reza Hazmi yang menjadi perwakilan Kota Tangerang berhasil menjadi juara dengan idenya yaitu mengajak lima anggota karang taruna Karang Tengah dalam mengolah produk asli daerah secara maksimal. Dengan menggunakan ide pemanfaatan buah berenuk, Hazmi berhasil memukau para juri di Kirab Pemuda Kemenpora. Pemuda asal Tangerang itu menyebut bahwa buah ini memiliki berbagai manfaat.

Reza Hazmi Pemuda Inspiratif Nasional 2018

“Sari buah berenuk dapat dijadikan minuman. Sedangkan kulit cangkangnya dapat dijadikan pot tanaman. Inilah yang membuat saya membuat produk ini sekaligus untuk memaksimalkan potensi koperasi,” ucap pemuda yang tinggal di kelurahan Karangtengah tersebut, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (19/11/2018).

Sekadar informasi, buah berenuk berasal dari pohon berenuk yang memiliki nama latin Crescentia cujete. Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika dan Afrika ini memiliki buah yang berbentuk bulat besar dan kulitnya kerap dimanfaatkan sebagai dekorasi.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Mendengar salah satu putra daerahnya berhasil mengalahkan 30 peserta lain yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah pun datang ke rumah Reza. Bahkan ia menyempatkan diri untuk merasakan minuman yang dibuat dari sari buah berenuk.

Buah berenuk untuk minuman menyegarkan.

“Saya baru tahu kalau buah berenuk bisa dijadikan minuman dan menyehatkan. Tahu gini mah dulu buahnya nggak dibuang-buangin, eh sekarang malah jadi manfaat,” ucap Walikota Tangerang usai mencoba sari buah berenuk yang jadi inovasi Reza Hazmi, sebagaimana dilansir dari tangerangkota.go.id.

Arief menyatakan, buah berenuk dapat dijadikan sumber pendapatan dan menjadi identitas dari para warga yang tinggal di Kelurahan Karangtengah RW 08. “Tanam buah berenuk yang banyak, terus jadiin deh Kampung Brenuk. Labelin produknya, jadi orang tahu nama minumannya apa dan pastiin sudah aman dikonsumsi,” usul Walikota Tangerang tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.