Prihatin Kondisi Jakarta, Pemerintah Percepat Usaha Turunkan Polusi

Berita Kawasan

Prihatin Kondisi Jakarta, Pemerintah Percepat Usaha Turunkan Polusi

Selama beberapa waktu terakhir, DKI Jakarta telah memiliki tingkat polusi udara yang berbahaya atau telah masuk kategori tidak sehat, menurut di dunia berdasarkan laman AirVisual. Meski tingkat polusi ini fluktuatif atau dapat berubah setiap saat, tapi kualitas udara ini tentu saja harus diperhatikan warga Jakarta. Karena dapat membahayakan kesehatan banyak orang, terutama bagi warga yang sensitif terhadap udara kotor.

Polusi udara Jakarta ini tentu terkait dengan banyak hal, mulai dari banyaknya jumlah kendaraan bermotor, semakin berkurangnya ruang terbuka hijau, hingga penggunaan sumber energi yang tidak ramah lingkungan. Sehingga perlunya mempercepat penggunaan energi yang ramah lingkungan untuk mengurangi kualitas udara yang buruk di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Prihatin Kondisi Jakarta, Pemerintah Percepat Usaha Turunkan Polusi

Menurut Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), saat ini Jakarta dikelilingi oleh sejumlah PLTU yang umumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Jika tingkat polusi di wilayah Jakarta semakin memburuk, maka sangat diperlukan adanya percepatan penggunaan energi yang ramah lingkungan.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Terkait polusi udara ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah membuat sejumlah langkah mengurangi polusi udara Ibu Kota. Langkah tersebut tertera dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Seiring dengan hal ini, percepatan penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan pun semakin digalakkan. Belum lama ini pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Sebagai langkah awal, era elektrifikasi nantinya akan diberlakukan mulai dari transportasi umum. Ketika masyarakat telah terbiasa menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai dan teredukasi, maka secara bertahap akan mempengaruhi preferensi atau pandangan dalam daya belinya. Kemudian infrastruktur yang ada pun belum menyeluruh. Sehingga, era elektrifikasi harus dijalankan secara proporsional, sesuai dengan peruntukkannya.

Prihatin Kondisi Jakarta, Pemerintah Percepat Usaha Turunkan Polusi

"Memang, saat ini aplikasi kendaraan listrik itu tidak bisa semuanya tiba-tiba berubah menjadi elektrifikasi. Untuk awal, bisa dimulai dari moda transportasi umum,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto, dalam acara diskusi bertajuk Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Polusi Udara dan Pengurangan Penggunaan BBM di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat (23/8/19).

Bermacam cara siap dilakukan oleh pemerintah guna mendorong percepatan kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya adalah dengan memberikan insentif baik secara fiskal maupun non fiskal. Bahkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengeluarkan surat edaran kepada setiap Pemerintah Daerah (Pemda) agar insentif yang diberikan berpihak kepada masyarakat.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

“Kami dorong nanti ke pemerintah daerah, khusus kepada pengguna kendaraan listrik agar diberi keringanan, misalnya tarif parkir yang sedemikian murah atau kalau perlu bebas tarif. Jadi memang insentif yang diberikan pemerintah akan berpihak kepada masyarakat," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam kesempatan yang sama.

"Insentif non fiskal selanjutnya adalah pengecualian dari pembatasan penggunaan jalan tertentu atau terkait peraturan ganjil-genap. Jadi kalau di Jakarta sekarang lagi ramai ganjil-genap, khusus kendaraan bermotor listrik nanti boleh melewati jalan itu," imbuh Budi.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.