Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Kesehatan

Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Per hari Rabu (25/3/2020) sore, pandemi COVID-19 telah menginfeksi 790 masyarakat Indonesia, dan merenggut 58 korban jiwa. Dari angka itu dilaporkan Provinsi DKI Jakarta adalah wilayah tertinggi yang terpapar virus SARS-CoV-2 ini, tercatat ada 463 kasus dengan korban jiwa sebanyak 31 orang.

Angka kasus yang terus bertambah setiap harinya, dikhawatirkan akan sulit diimbangi dengan jumlah rumah sakit rujukan yang telah ada berikut tenaga medisnya. Pemerintah pun mengambil langkah mengubah Komplek Wisma Atlet Kemayoran menjadi rumah sakit darurat COVID-19.

Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Rumah sakit darurat yang memiliki kapasitas menampung 12.000 orang ini mulai dioperasikan sejak Senin (23/3/2020) kemarin. Untuk tahap pertama jumlah kapasitas yang disiapkan oleh pemerintah sebanyak 3.000 pasien.

[Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Bakal Jadi Lokasi Penanganan Pasien COVID-19]

Dalam keterangan resmi yang diunggah di akun Youtube resmi BNPB, Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono menyatakan, hingga Kamis (26/3/2020) pagi rumah sakit darurat ini sudah menampung 208 pasien yang berasal dari penjuru nusantara. Akan tetapi dia menegaskan, bahwa pasien berasal dari wilayah Jabodetabek akan menjadi prioritas.

Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

“Kami juga ingin menyampaikan bahwa rumah sakit ini untuk menampung pasien yang berada di Jabodetabek. Namun pada kenyataannya, di hari pertama saja ada pasien datang dari Surabaya dan Semarang. Cuma tetap akan kami terima,” jelasnya.

[Baca Juga: Terima 100.000 Alat Rapid Test, Pemprov DKI Prioritaskan Warga Khusus]

Selain diprioritaskan dari segi wilayah, nantinya pasien yang akan diprioritaskan untuk ditangani di rumah sakit ini harus memenuhi kriteria tertentu. Dia menjelaskan, warga yang menyandang status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan usia lanjut atau lansia akan lebih diutamakan untuk ditangani.

Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

“Jadi dengan beberapa kriteria. Kriteria pertama ODP itu usianya lebih dari 60 tahun. Sedangkan warga yang terkategori Pasien Dalam Pengawasan atau PDP, keluhan ringan, sesak ringan sampai sedang, harus dari kalangan yang berusia lebih dari 15 tahun,” tandasnya.

Sekadar catatan, rumah sakit darurat COVID-19 ini menggunakan dua tower yang berada di dalam komplek Wisma Atlet Kemayoran. Rincian dari dua tower tersebut adalah Tower 6 yang berkapasitas menampung 1.300 pasien, dan Tower 7 memiliki daya tampung sebanyak 1.300 pasien.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.