Prodi Pariwisata UI Paparkan Prediksi Tren Wisata 2021 .jpg

Hobi dan Hiburan

Prodi Pariwisata UI Paparkan Prediksi Tren Wisata 2021

Pada awal masa pandemi COVID-19, industri pariwisata memang menjadi salah satu yang paling terkena imbasnya, tapi hal ini lambat laun berubah dengan keputusan pemerintah yang mulai melunakkan kebijakannya. Namun ini tak berarti semua lokasi wisata Tanah Air kembali kondisinya seperti sedia kala, mengingat terdapat protokol kesehatan yang perlu ditegakkan. Menariknya, menurut Program Studi (Prodi) Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) sebenarnya terdapat sekitar 10 jenis wisata yang memiliki potensi menjadi tren pada tahun 2021 selama masa pandemi COVID-19.

Prediksi sembilan jenis wisata yang dapat menjadi tren ini disampaikan Dosen Prodi Pariwisata Progran Vokasi UI Dr. Diaz Pranita. MM. Dirinya memandang semua jenis wisata yang ia sampaikan ini sebenarnya memiliki potensi pengembangan agar semakin digandrungi masyarakat Indonesia dengan syarat utamanya adalah pemenuhan protokol kesehatan COVID-19 untuk memastikan keamanan dari sisi kesehatan publik.

Prodi Pariwisata UI Paparkan Prediksi Tren Wisata 2021.jpg

Lalu apa saja yang berpotensi menjadi tren menurut Diaz di masa pandemi seperti saat ini dan tahun depan? Berikut ini 10 jenis wisata yang disebut masuk dalam kategori wisata minat khusus tersebut:

  • Wisata Pedesaan
  • Wisata Pendakian Gunung dan Olahraga Paralayang
  • Wisata Olahraga Marathon
  • Wisata Bahari Kapal Layar (yachting) dan Selam (Diving)
  • Wisata Olahraga Arung Jeram
  • Wisata Gua dan Paramotor
  • Ekowisata
  • Wisata Hantu
  • Wisata Milenial
  • Wisata Relawan/voluntourism

[Baca Juga: Wirawisata Goa Pindul Dibuka dengan Terpkan Protokol Kesehatan]

“Jenis wisata tersebut akan memberikan dampak lebih signifikan untuk ekonomi nasional dan masyarakat dibandingkan dengan wisata massal, sehingga mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Diaz, sebagaimana dikutip dari ui.ac.id (14/12/2020).

Prediksi tren wisata ini disampaikan dosen Prodi Pariwisata Program Pendidikan Vokasi UI itu pada seminar online dengan tema Toursim E-Talk Series. Diaz tak lupa memberikan catatan yang sebenarnya perlu diperhatikan pelaku industri pariwisata yang masuk ke dalam sembilan kategori tersebut agar memang prediksinya tersebut dapat digandrungi masyarakat. Catatannya terdiri dari pembatasan jumlah pengunjungnya, memperhatikan kelestarian lingkungan, perencanaan yang detail, memiliki dampak positif secara langsung untuk masyarakat, dan mendukung terbentuknya citra yang baik terhadap pariwisata Tanah Air.

“Pandemi COVID-19 telah menyebabkan pergeseran dari paradigma safety first menjadi healthy first. Para pengusaha wisata minat khusus juga harus memenuhi protokol kesehatan agar meningkatkan kepercayaan dan memberi jaminan kesehatan dan kenyamanan pada wisatawan,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.