kampung-lidi.jpg

Bisnis

Produk Lidi Kampung Mafta Darussalam Tembus Pasar Internasional

Sebanyak 25 ton lidi sawit asal Sumatera Utara (Sumut) tembus ke Pakistan. Komoditi lidi ini berasal dari Kampung Matfa yang berada di Langkat. Pemimpin Kampung Matfa, Tuwan Imam mengatakan, usaha lidi ini baru perdana dilakukan oleh warganya khusunya para anak muda.

“Hasil lidi diserap dari petani di lahan masing-masing. Dimana kebun sawit menjadi salah satu andalan desa untuk peningkatan ekonomi kita. Alhamdulillah dalam waktu satu bulan kita bisa kumpulkan karya anak muda sebanyak 25 ton atau 500 bal yang akan dikirim ke Pakistan,” sebut Tuwan Imam, dari rilis kepada media, Sabtu (7/8/2021).

Dalam pelepasan ekspor ini juga bentuk kerjasama usaha dengan eksportir dari CV Mulia Karya di Medan,” terangnya. Kampung Mafta Darussalam, Langkat, akan mengirim 25 ton komoditi lidi ke Pakistan. Dengan begitu, produk lidi dari kampung Mafta telah menembus pasar internasional.

[Baca Juga: Jadi Komoditas Ekspor, Petani Porang Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen]

Pemimpin Kampung Matfa, Tuwan Imam mengungkapkan bahwa pelepasan ekspor ini berawal dari relasi yang akhirnya membuka jalan untuk membuka kran ekspor ke luar negeri. “Usaha lidi ini baru perdana dilakukan oleh anak muda kita dan memiliki relasi dalam bidang usaha ekspor lidi. Jadi kita bekerjasama dengan mereka,” ungkap Tuwan Imam.

Dikatakan Tuwan Imam, komoditi lidi ini diserap dari para petani di lahan masing-masing. Dimana kebun sawit menjadi salah satu andalan desa untuk peningkatan ekonomi.

Sementara, Pembina Unit Usaha Kampung Matfa, Muhammad Aldi Nasution menyebutkan bahwa komoditi lidi ini akan dikirim ke Pakistan sebanyak 25 ton. “Ini kita packing untuk per balnya sebanyak 50kg per goni. Alhamdulillah dalam waktu satu bulan ini kita bisa kumpulkan karya anak muda sebanyak 25 ton atau 500 bal yang akan kirim ke Pakistan,” tutur Aldi.

Pelepasan ekspor ini, diungkapkan Aldi, berbentuk kerjasama usaha dengan eksportir dari CV Mulia Karya. “Ini kerjasama usaha dengan ibu angkat kita di Medan dengan CV MK. Nah kita ini yang mencari komoditas desa yang ada di Kecamatan Sei Lepan dan sekitarnya,” ujarnya.

[Baca Juga: Jamu Produk UMKM Pinang dari Tangerang Diekspor Hingga Malaysia]

Untuk mengoptimalkan penyerapan kepada petani, Gudang Desa memberikan harga sekitar Rp2.500-Rp3.000 per kg. Serta turut melibatkan sekitar 20 pemuda untuk proses, mulai dari penjemuran, pensortiran hingga bisa lulus kualifikasi ekspor.

Selain itu, Aldi juga mengatakan bahwa pengiriman ekspor ini juga dalam upaya untuk memanfaatkan limbah dari kelapa sawit yang ternyata memiliki potensi nilai ekonomi yang cukup besar. “Jika sebelumnya di kebun ini dibuang, ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat terlebih di masa sulit seperti ini,” kata Aldi.

Terkait hal ini, Aldi melihat ternyata Desa memiliki potensi besar untuk dapat berkembang dan berkontribusi dalam bidang ekspor.

“Ayo kita kembali ke desa karena desa ini punya potensi besar yang bisa kita jual. Lidi ini awalnya limbah yang di kebun ini bisa jadi sarang ular jadi bisa dimanfaatkan dan kebun bisa bersih dan ternyata lidi ini banyak diminati di luar negeri,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.