Produk UMKM Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian Mewah di Hotel.jpg

Bisnis

Produk UMKM Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian Mewah di Hotel

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memang terus menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot Bogor). Salah satu upaya yang dilakukan dengan menetapkan Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor sebagai kampung kreatif etnik dan penandatanganan kerjasama UMKM warga Pulo Geulis dengan The 101 Hotel Suryakencana dan Panorama Group.

Penandatangan kerjasama tersebut secara simbolis dilakukan di Vihara Phan Kho Bio Pulo Geulis yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Selasa (23/11/2021). Kerjasama tersebut diharapkan dapat mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Pulo Geulis, serta mampu menghidupkan perekonomian warga di Pulo Geulis yang kurang lebih dua tahun ini terdampak pandemi COVID-19.

Produk UMKM Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian Mewah di Hotel 2.jpg

“MoU ini adalah kesepakatan pihak 101 untuk membeli jajanan pasar. Dimana jajanan pasar ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rapat-rapat atau bimtek yang diselenggarakan di hotel,” kata Dedie dikutip kotabogor.go.id (24/11/2021).

Dedie mengatakan, UMKM warga Pulo Geulis memiliki potensi untuk naik kelas karena memiliki produk yang baik dan berkualitas. Contoh produk UMKM dari Kampung Pulo Geulis diantaranya kuliner atau jajanan pasar yang dinilai baik, berkualitas, serta memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan sajian kue-kue di restoran dan hotel yang dibuat oleh para juru masak ini harus diangkat dan diberikan tempat khusus supaya naik kelas.

Beberapa produk UMKM andalan Pulo Geulis yang akan masuk ke dalam menu The 101 Hotel Suryakencana diantaranya, kue balok, roti unyil, dan bakpao. Selain itu produk jajanan pasar tersebut juga akan dipajang sebagai oleh-oleh yang bisa dibeli oleh para tamu hotel.

[Baca Juga: UMKM Kota Bogor Tampil di Pekan Kerajinan Jawa Barat]

“Tidak hanya naik kelas secara berkualitas, tetapi juga membantu menaikkan perekonomian keluarga. Diharapkan UMKM di sini bisa semakin berkembang. Warga produsen jajanan pasar ini juga memperhatikan higienitas, tidak memakai bahan pengawet atau zat pewarna yang membahayakan tubuh. Mereka juga memperhatikan kriteria dari bahan yang food grade (kemasan makanan aman),” ungkap Dedie.

Tidak hanya dari The 101 Hotel dan Panorama Group, bantuan juga diberikan dari YBM PLN. Dimana mereka memberikan bantuan berupa alat-alat masak untuk memproduksi jajanan pasar dari warga Pulo Geulis.

Produk UMKM Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian Mewah di Hotel 1.jpg

Ke depannya, diharapkan akan ada peningkatan lagi di tingkat kerjasama agar produksi bisa lebih terkontrol sesuai dengan syarat dan kondisinya. Sehingga jika memang nantinya permintaan cukup tinggi, produksinya akan bisa dibentuk secara kolektif dan peralatan yang ada bisa dikelola secara besar.

Dedie juga meminta kepada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kota Bogor untuk melakukan inventarisasi alat-alat produksi milik warga, atau bahkan ada aset milik hotel yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh warga dalam produksi.

[Baca Juga: Bupati Bogor Berikan Dukungan Kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor]

Ketua UMKM Pulo Geulis, Elly memaparkan ada kurang lebih 27 jenis produk UMKM yang menjadi khas dari Pulo Geulis. Dari sekian produk tersebut, mempunyai harga yang bervariatif mulai dari Rp2.000 sampai Rp35.000.

Tidak hanya dipasarkan di hotel, produk jajanan di Pulo Geulis juga bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di Kota Bogor. Sehingga diharapkan ke depannya kerja sama ini mampu meningkatkan produksi warga Pulo Geulis ke level yang lebih tinggi lagi.

“Sebelum dibawa ke hotel kami juga mendapatkan pelatihan dari Hotel 101 terkait higienis produk dan standarisasi rasa. Saya ingin warga saya tambah maju, produknya lebih dikenal dan pendapatan juga tentunya meningkat,” harap Elly.


Read More

The 101 Hotel Suryakencana

Hotel bintang 4

+622517565101
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.