Produksi Mandiri Masker Kain, Pemprov Berdayakan Warga Jakarta

Berita Kawasan

Produksi Mandiri Masker Kain, Pemprov Berdayakan Warga Jakarta

Penggunaan masker medis oleh masyarakat telah dilarang pemerintah dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan bagi para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pandemi COVID-19. Belakangan, penggunaan masker kain pun sangat dianjurkan karena telah diteliti mampu mengurangi paparan droplets dan mencegah penularan lewat udara jika ada interaksi langsung.

Belajar dari situasi kelangkaan masker sebelumnya, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mulai memberdayakan masyarakat yang berada dibawah binaannya untuk produksi massal masker kain secara mandiri.

Diberitakan situs beritajakarta.id, Senin (4/5/2020), Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Pusat memberdayakan 52 penjahit binaan di wilayahnya untuk memproduksi masker kain yang akan dibagikan gratis kepada warga.

Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Lokal Bagikan 200 Ribu Masker Kain

Kepala Sudin PPKUKM Jakarta Pusat, Bangun Richard mengatakan, 52 penjahit binaan dari delapan kecamatan ini, sejak 17 April 2020 lalu, telah diberdayakan untuk membuat masker. "Berdasarkan laporan yang kami terima, 52 penjahit ini telah menyelesaikan sekitar 26.750 masker sejak 17 April hingga 4 Mei 2020," bebernya.

Dia pun memastikan, pembuatan masker yang diproduksi 52 penjahit binaan ini akan terus berlanjut sesuai dengan ketersediaan bahan baku dan kebutuhan di lapangan. "Produksi belum bisa dipastikan selesai kapan. Karena itu bergantung dari distribusi bahan yang diberikan Dinas PPKUKM DKI," tandasnya.

Demikian juga yang dilakukan para pengelola di 16 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dari penjuru Jakarta, juga secara sukarela memproduksi masker kain. Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengapresiasi semangat para pengelola RPTRA yang telah berbuat sesuatu untuk membangun kepedulian dan kebersamaan, yang bermanfaat bagi warga sekitar RPTRA di tengah pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Masker dan Hand Sanitizer, Sampah Plastik "Baru" Pandemi Covid-19]

"Mereka melakukan hal sederhana tapi manfaatnya luar biasa dan bisa dirasakan langsung oleh warga. Mereka berjiwa sosial untuk membantu Pemprov DKI dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut, Tuty menuturkan, kemampuan pengelola memproduksi masker kain di setiap RPTRA bervariasi. Ada yang mampu memproduksi delapan sampai 15 lusin per hari, bahkan ada yang mencapai 300 lusin perhari. "Total masker yang sudah diproduksi mencapai ribuan lembar," tandasnya.

Sekadar catatan, sebanyak 4.539 warga DKI Jakarta terkonfirmasi positif terpapar virus SARS-CoV-2. Sekitar 650 diantaranya dinyatakan sebagai penyintas COVID-19, sedangkan 412 orang lainnya telah meninggal dunia. Demikian laporan yang diumumkan situs covid19.go.id, Senin (4/5/2020).

[Baca Juga: Kini, Haruskah Pakai Masker Saat Keluar Rumah?]


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.