logo_Web_PingPoint_Original.png

Bisnis

Produsen Tahu Bertahan Hidup Di Tengah Meroketnya Harga Kedelai

Akibatnya panganan tahu yang menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat kalangan bawah karena harganya murah mendadak hilang di pasar tradisional, jika ada yang menjualnya, harganya juga tidak semurah harga sebelumnya saat itu.

Hingga saat ini harga kacang kedelai di wilayah Jabodetabek masih berada di angka Rp9.000 hingga Rp10.000 per kg-nya, bahkan di Yogyakarta harga kacang kedelai saat ini telah menyentuh angka Rp12.000 per kg.

Sebenarnya harga yang paling diinginkan oleh produsen tahu dan tempe yaitu harga kacang kedelai dibawah Rp7.000 per kg, tapi kenyataannya dalam beberapa bulan ini harga kacang kedelai malah makin mahal.

Ini Jenis Kacang untuk Diet Sehat Kacang Kedelai

Karena tak kunjung turunnya harga kacang kedelai, para produsen tahu terpaksa menaikkan harga meskipun sejumlah pembeli keberatan karena kenaikan harga tersebut.

Melihat harga kacang kedelai yang terus naik, Tahu MS salah satu produsen tahu di Kota Bekasi yang sudah berdiri sejak tahun 1998 mencari cara agar pabriknya tidak merugi akibat meroketnya harga kacang kedelai impor dari Tiongkok.

"Untuk bisa bertahan, kami mesti ambil tindakan agar pabrik bisa tetap berjalan," kata Emus, pemilik Tahu MS kepada PingPoint.co.id (25/3/2021).

Agar pabrik tahunya tidak tutup, laki-laki yang disapa Pak Mus ini membuat beberapa strategi,menurutnya langkah pertama yaitu langsung menaikkan harga tahu ke pedagang di pasar yang awalnya tahu putih dijual per papan (isi 100 tahu) seharga Rp23.000 saat ini menjadi Rp26.000, tahu goreng sebelumnya Rp27.000 menjadi Rp30.000.

[Baca Juga: Tahu-Tempe Sempat Sulit Ditemukan di Kota Depok, Kenapa Ya?]

Kenaikan tersebut membuat pembeli di pasar banyak yang tidak setuju dengan kenaikan harga tahu, terlebih saat itu sedang masa-masa pandemi dimana pendapatan masyarakat sedang terganggu. "Saya dapat keluhan dari pedagang di pasar, awalnya pada ngeluh, sampai harga tahu 500 perak aja ditawar, kalau sekarang pembeli udah pada ngerti kayaknya, udah pada tau dari berita kalau kacang kedelai naik, makanya tahu ikut naik," katanya.

Langkah kedua yang dilakukan agar pabriknya tidak tutup yaitu dengan mengurangi jumlah pekerja, hal itu memang harus dilakukan agar pengeluaran tidak membengkak. "Bukan memecat, tapi gantian yang kerjanya, setiap hari biasanya yang kerja ada lima, sekarang karena permintaan sedikit yang kerja hanya tiga orang yang lain diliburkan dulu, ganti-gantian lah gitu," dia menjelaskan.

Menurut Emus cara tersebut bisa dibilang efektif meski tidak banyak keuntungan yang didapat tetapi yang terpenting menurutnya pabrik bisa tetap berjalan dan bisa menghidupi kebutuhan orang-orang yang bekerja di pabrik miliknya. "Pendapatnya malah pas-pasan karena harga kacangnya masih terlalu tinggi, tapi ya nggak apa-apa, asal kebutuhan saya serta keluarga para pekerja bisa mencukupi," katanya.

Tahu-Tempe Sempat Sulit Ditemukan di Kota Depok, Kenapa Ya .jpg

Tidak hanya pekerja yang dikurangi,bahan bakar perebusan kacang kedelai juga ikut dirubah, biasanya pabrik tahu Emus membeli kayu untuk bahan bakar perebusan kacang seharga Rp300.000 dari penjual kayu bakar, tapi karena efisiensi saat ini dirinya mencari sendiri kayu untuk bahan bakarnya.

"Saya kan masih tradisional, pakai kayu bakar untuk perebusan kacang, biasanya saya beli kayu Rp300.000, tapi sekarang cari sendiri harganya lebih murah jadi Rp150.000 sampai Rp200.000. Yang jual banyak di toko kayu Madura, toko mebel," katanya.

Seperti diketahui biasanya Indonesia selalu mengimpor kedelai dari Amerika dimana harga kedelai di pasaran di bawah Rp7.000 per kg-nya, namun karena kedelai Amerika diborong oleh China, Indonesia terpaksa mengimpor kedelai dari Tiongkok dengan harga yang lebih mahal.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.