Workshop Coding Online Robologee Hadirkan Yuma Soerianto

Pendidikan

Progate Berikan Pelatihan Coding Gratis untuk Mahasiswa

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indonesia saat ini membutuhkan 9 juta talenta yang berkecimpung di dunia digital atau sekitar 600 ribu orang di setiap tahunnya sampai 2035. Untuk itu, Progate yang merupakan platform pembelajaran coding secara daring berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menghasilkan talenta-talenta digital Indonesia yang berkualitas unggul.

Dukungan tersebut, diberikan dalam bentuk kolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) dengan lebih dari 100 universitas di Indonesia dengan menyelenggarakan pelatihan coding secara gratis bagis mahasiswa yang diselenggarakan selama libur antar semester.

Dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id, program ini dilaksanakan selama dua minggu dan jadwal pelaksanaanya pun disesuaikan dengan masa libur perkuliahan dan akan berlanjut hingga akhir tahun 2021 serta akan menjangkau hingga 15 ribu mahasiswa yang mengikuti pelatihan coding secara gratis.

Progate Berikan Pelatihan Coding Gratis untuk Mahasiswa

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sudah turut berpartisipasi mengikuti pelatihan coding ini, di antaranya ada mahasiswa dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Universitas Tadulako, dan perguruan tinggi lainnya. Hingga saat ini, September 2021, program tersebut sudah diselenggarakan oleh 52 BEM dan HIMA yang diikuti oleh 5.200 mahasiswa.

“Pada awalnya, inisiatif ini terinspirasi dari salah satu cerita oleh karyawan magang kami bahwa pada musim libur antar semester, banyak mahasiswa yang mencari kegiatan yang bermanfaat. Oleh sebab itu, lahirlah program ini dimana kami ingin membantu mahasiswa untuk mengisi waktu mereka dengan memperkenalkan ilmu coding. Kerjasama ini akan semakin membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa Indonesia dari jurusan apapun untuk dapat mengembangkan skill mereka di bidang teknologi khususnya coding. Kami harapkan kedepannya akan dapat bermunculan talenta-talenta digital Indonesia yang berkualitas unggul dan siap kerja,” ucap Norman Ganto, Country Manager, Progate Indonesia, dalam rilis Progate Bekerjasama dengan 100 Universitas, Berikan Pelatihan Coding Gratis untuk 15.000 Mahasiswa Indonesia.

[Baca Juga: Workshop Coding Online Robologee Hadirkan Yuma Soerianto]

Program ini pun dibuat khusus agar dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki dasar coding sebelumnya. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti bagaimana sebuah software dibuat dan dasar-dasar pemrograman melalui 3 bahasa pemrograman.

Menurut Norman, program tersebut tidak dikhususkan untuk mahasiswa jurusan Ilmu Komputer karena coding tidak hanya membangun keterampilan teknis tetapi juga mengajarkan seseorang untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang dalam hal ini diperlukan untuk semua profesi.

Norman menambahkan, jika peserta yang mengikuti pelatihan ini tidak menjadi programmer di kemudian hari, mereka sudah mengantongi softskill untuk bekal masa depan serta meningkatkan daya saing di dunia kerja.


Read More

Progate Indonesia

Belajar programming dari NOL

None
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.