PEJATEN_KAWASAN_PROGRAM ANNUAL EVENT DI KOMUNITAS SALIHARA_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Program Annual Event di Komunitas Salihara

Setelah sebelumnya mengulas mengenai sejarah Komunitas Salihara, artikel ini kembali membahas mengenai komunitas tersebut dari sisi lain, yaitu mengenai event yang kerap mereka adakan. Komunitas Salihara dikabarkan dalam setahun menampilkan sekitar 100 acara yang terdiri dari pentas tari serta teater, konser musik, pembacaan dan diskusi sastra, pameran seni rupa, hingga pemutaran film. Selain itu, Komunitas Salihara juga memiliki sejumlah program khusus yang kerap diadakan secara rutin. Program dan acara tersebut antara lain:

SIPFest

Komunitas Salihara rutin mengadakan Salihara International Performing-arts Festival atau disingkat SIPFest. Program ini diadakan setiap dua tahun sekali, tepatnya pada tahun genap. SIPFest pada tahun 2018 sendiri menghadirkan para seniman--baik dari seni tari, teater, dan musik. Para seniman yang tampil pada tahun ini berasal bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari Prancis, Kanada, Australia, Taiwan, Malaysia dan Belgia. Acara tersebut berlangsung selama sebulan (4 Agustus-9 September 2018).

[Baca Juga : Belajar Musik Bersama Purwacaraka di Kemang Village Mall]

Bienal Sastra Salihara

Festival sastra internasional dua tahunan ini diadakan pertama kali pada 2001 oleh Komunitas Utan Kayu. Festival ini mempertunjukkan berbagai perkembangan sastra Indonesia dan dunia, baik yang modern maupun klasik.

Festival ini berlangsung selama sebulan penuh dan terdiri dari acara pentas baca sastra, diskusi buku, lokakarya penulisan dan baca sastra. Festival Bienal Sastra Salihara juga menyertakan acara khusus kunjungan sekolah dan kampus yang ditujukan untuk semakin mengenalkan sastra kepada pelajar dan mahasiswa.

Helateater Salihara

Festival ini merupakan hasil perubahan dari sejumlah program teater di Komunitas Salihara. Awalnya festival ini memiliki bentuk program yang diadakan setiap satu setengah bulan sekali dengan hanya sekelompok seniman saja. Namun, akhirnya program ini berkembang menjadi festival kecil yang menampilkan beberapa kelompok seniman teater yang digelar setahun sekali.

Jazz Buzz Salihara

Festival yang diadakan Komunitas Salihara ini menampilkan rangkaian konser musik jazz. Namun yang menarik yang ditampilkan adalah jazz yang memiliki komposisi baru yang disebut tidak pernah ditemui di panggung jazz biasa. Festival yang diadakan setahun sekali ini, terakhir digelar pada Februari 2018 dan salah satu seniman yang tampil saat itu adalah Dewa Budjana. Komunitas Salihara menggelar festival ini bertujuan agar masyarakat lebih mengapresiasi perkembangan musik jazz di Indonesia.

Helatari Salihara

Festival satu ini digelar untuk menampilkan karya-karya terbaru sejumlah penari yang berasal dari Tanah Air dan luar negeri. Acara yang diadakan dua tahun sekali ini, pertama kali digelar pada 2015. Visi Komunitas Salihara dalam menggelar festival ini adalah untuk memunculkan inovasi yang bersifat kebaharuan dalam seni tari di Indonesia, baik yang modern dan tradisional. Selain itu, Helatari Salihara juga memiliki tujuan agar khayalak umum Indnesia mengapresiasi para seniman tari Tanah Air.

[Baca Juga : Belajar Memanah, Musik, Hingga Dance di Gandaria City]

Forum World Music

Festival ini diadakan pertama kali pada 2015 dan menampilkan musisi serta grup musik yang masuk dalam golongan world music atau musik dunia. Sekadar informasi, world music merupakan aliran di dunia musik yang mempunyai elemen etnik dari berbagai negara yang acap kali dipadu dengan musik modern.

Komunitas Salihara mengadakan acara ini demi membuat panggung untuk para pemusik Tanah Air yang memiliki karya yang dipentaskan dengan mencampurkan musik tradisional Indonesia dengan dunia. Selain beragam festival yang telah disebutkan, Komunitas Salihara juga membuka Kelas Filsafat, Kelas Menulis dan Berpikir Kreatif, Kelas Melukis Cat Air, Kelas Akting yang terbuka bagi masyarakat yang ingin bebas berekpresi sesuai passion-nya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.