Program Bank Sampah untuk Sekolah di Jakarta Barat Siap Digelar Lagi.jpg

Pendidikan

Program Bank Sampah untuk Sekolah di Jakarta Barat Siap Digelar Lagi

Sejak akhir tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menghadirkan program yang memungkinkan para pelajar di wilayahnya mendapatkan pundi-pundi rupiah tambahan sekaligus membantu menjaga lingkungan. Di mana hal ini direalisasikan melalui program bank sampah di sekolah. Sayangnya akibat pandemi COVID-19 yang memicu kegiatan belajar mengajar digelar secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maka program ini pun sempat vakum lama. Namun dengan diizinkannya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Pemkot Jakarta Barat disebut siap kembali mengadakan program bank sampah ini.

Kabar mengenai diaktifkannya kembali program bank sampah di sekolah ini disampaikan Pemkot Jakarta Barat melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat. Di mana bank sampah disebut bisa mulai digelar lagi bagi sekolah yang sudah melaksanakan PTM terbatas sehingga memungkinkan para siswa-siswinya menukarkan sampah menjadi uang atau barang kebutuhan lainnya.

Program Bank Sampah untuk Sekolah di Jakarta Barat Siap Digelar La gi.jpg

Sebagaimana dilansir dari antaranews.com (11/10/2021) menurut Petugas Pengawas Sudin LH Jakarta Barat Subarna Martadinata yang juga sekaligus pengurus dari Bank Sampah Induk Satu Hati Divisi Sosialisasi, program bank sampah di sekolah sebenarnya sudah mulai tapi karena terbatasnya pelajar yang masuk maka bank sampahnya tak terisi hingga penuh. Selain itu, pihaknya juga belum dapat memastikan sekolah mana saja yang sudah menggelar program bank sampah selama PTM terbatas.

Namun menariknya walau sempat vakum untuk para pelajar, sekolah-sekolah di Jakarta Barat tampaknya tak berhenti menggerakan program bank sampahnya. Subarna mengungkapkan, selama masa pandemi COVID-19 tampaknya sekolah sudah berkoordinasi dengan orangtua serta phak lainnya terkait pengelolaan bank sampah sehingga sekolah bisa mengumpulkan sampah-sampah dan mereka manfaatkan hasil penukarannya untuk uang operasional atau alat tulis.

[Baca Juga: Kecamatan di Jakarta Utara Ini Miliki 60 Bank Sampah]

Program bank sampah di sekolah Jakarta Barat ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2019 akhir dengan pihak Sudin LH Jakarta Barat menggandeng sekolah-sekolah di wilayah 1 dan 2 dari tingkat SD, SMP, sampai SMA. Dengan pihak dinas uang sudah mengatur berapa uang yang akan didapatkan dari penukaran sampah itu seperti contohnya adalah untuk botol plastik Rp2.000 per kilogramnya, koran bekas Rp1.500 per kg, dan alumunium Rp16.000 per kg. Di mana hasil penukaran sampah itu akan masuk ke rekening para siswa-siswi.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.