Program Bedah Rumah Baznas Tetap Jalan di Tengah Badai COVID-19

Properti dan Solusi

Program Bedah Rumah Baznas Tetap Jalan di Tengah Badai COVID-19

Kendati DKI Jakarta sedang dirundung permasalahan wabah COVID-19, tapi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tetap gencar menjalankan program bedah rumah, yang mana pada tahun ini ditargetkan bisa melakukan bedah rumah bagi 600 hunian milik kaum duafa.

Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 156 hunian di wilayah Jakarta Timur akan dibedah rumah. Sebagai tindak lanjut, Baznas Bazis Jakarta Timur melakukan bedah dua rumah milik warga kurang mampu di Kelurahan Pisangan Baru, Matraman. Anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp100 juta.

Program Bedah Rumah Baznas Tetap Jalan di Tengah Badai COVID-19

Dilansir dari beritajakarta.id, Selasa (24/3/2020), Pelaksana Harian (Plh) Baznas Bazis Jakarta Timur Ahmad Aminuddin menjelaskan sebelum membedah rumah, pihaknya sudah terlebih dahulu berkomunikasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat.

Dia menambahkan, selama proses bedah rumah yang diperkirakan memakan waktu tiga sampai empat minggu ini, para penghuninya akan diberikan tempat hunian sementara. Fasilitas ini, murni dibiayai Baznas, hingga rumahnya selesai dibedah.

[Baca Juga: BAZNAS Bazis Kenalkan Program Z-Mart untuk Warung Kelontong]

Ada pun dua hunian yang akan dibedah merupakan rumah Mat Munir di RT 07/07 Kelurahan Pisangan Baru dan rumah milik Suryadi di RT 05/06 Kelurahan Pisangan Baru. Kondisi kedua rumah tersebut juga rusak karena termakan usia.

“Sebelum direnovasi melalui program bedah rumah, pemilik kami berikan bantuan untuk mengontrak rumah masing-masing Rp500.000. Pelaksanaan bedah rumah sendiri ditargetkan rampung dalam waktu tiga hingga empat pekan," ujar Ahmad.

[Baca Juga: 4 Resolusi Ini Bantu Wujudkan Hunian yang Sehat dan Nyaman]

Sekadar informasi, sebelumnya rumah milik warga kelurahan Malakasari juga dibedah. Pembedahan yang digelar pada 30 Januari silam ini, telah sukses menyulap hunian seluas 78 meter persegi menjadi hunian yang aman dan nyaman.

Terpilihnya rumah milik Ririn Damara (48) sesuai hasil rekomendasi Pemerintahan Kotan (Pemkot) Jakarta Timur, lantaran bagian belakang rumah tersebut ambruk terkena angin puting beliung. Usai dibedah, sang pemilik mengaku sangat senang dan berterima kasih pada seluruh jajaran Pemkot Jakarta Timur dan Baznas Bazis Jakarta Timur, atas kegiatan renovasi singkat yang memakan biaya hingga Rp50 juta tersebut. “Alhamdulillah, saya sangat senang sekali karena kami sekeluarga punya hunian yang nyaman seperti ini,” tutur Ririn.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.