Program Bedah Warung Tradisional Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart 2.jpg

Bisnis

Program Bedah Warung, Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menginisiasi program bedah warung. Program bedah warung (dress up) ini sebagai salah satu upaya peningkatakan kualitas perekonomian di sektor niaga nonformal.

Untuk melancarkan program bedah warung, Pemkot Tangerang bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan jaringan ritel Alfamart untuk membedah warung kepada salah satu pedagang warung tradisional yang berada di Jalan Gatot Subroto, Cimone, Tangerang.

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah menjelaskan, selain renovasi warung tradisional menjadi Outlet Binaan Alfamart (OBA), pedagang juga akan mendapatkan pendampingan usaha seperti pelatihan manajemen ritel modern.

Program Bedah Warung Tradisional Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart

Selain itu, pelatihan penataan barang, cara untuk membaca produk yang sedang laku dipasaran dan manajemen keuangan sehingga para pedagang warung dapat mengelola usahanya secara profesional.

“Kita kerjasamakan pengelolaan warung tradisional dengan ritel Alfamart mulai dari suplai barang dan juga pendampingan usaha,” kata Arief seperti dikutip dari tangerangkota.co.id (27/2/2019).

Dengan program bedah warung ini diharapkan memberikan pengusaha warung tradisional untuk mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi dan menguntungkan. Pasalnya, lanjut Arief, persaingan dunia jual beli sekarang semakin ketat.

[Baca Juga: Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang]

“Kalau warung tradisional tidak berinovasi maka akan sulit bersaing. Pemkot memfasilitasi melalui program bedah warung,” kata Arief.

Selain itu, diharapkan pula adanya peningkatan pendapatan masyarakat khususnya dari sektor perdagangan informal dan agar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang disusun bisa menjadi rujukan untuk ketersediaan informasi dan data-data pembangunan kota.

Sementara itu, Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Ivan Hermawan menerangkan pihaknya menyambut baik program yang diusung Pemkot Tangerang dalam peningkatan perekonomian usaha kecil serta bentuk partisipasi dalam Hari Ulang Tahun ke-26 Kota Tangerang.

“Selain warung yang akan direnovasi layaknya toko modern, pedagang akan memperoleh pasokan barang dengan ahrga khusus dan kemudian dalam memesan barang melalui aplikasi Alfamikro,” kata Ivan.

Sekadar informasi, Outlet Binaan Alfamart (OBA) adalah salah satu pilar program sosial yang dimiliki Alfamart yaitu Alfamart SME’s yang fokus terhadap pembinaan dan memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dari data yang diperoleh, hingga Februari 2019 terdapat 1392 warung se Indonesia telah direnovasi. Program OBA yang dijalankan dengan sistem keanggotaan ini merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) berkelanjutan perusahaannya.

[Baca Juga: Kelurahan Cipete Utara Kini Punya Warung Daur Ulang]

Hingga berita ini diturunkan, program OBA telah dipalikasikan di berbagai kota yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Lombok.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.