Program Bedah Warung Tradisional Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart 2.jpg

Bisnis

Program Bedah Warung, Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menginisiasi program bedah warung. Program bedah warung (dress up) ini sebagai salah satu upaya peningkatakan kualitas perekonomian di sektor niaga nonformal.

Untuk melancarkan program bedah warung, Pemkot Tangerang bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan jaringan ritel Alfamart untuk membedah warung kepada salah satu pedagang warung tradisional yang berada di Jalan Gatot Subroto, Cimone, Tangerang.

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah menjelaskan, selain renovasi warung tradisional menjadi Outlet Binaan Alfamart (OBA), pedagang juga akan mendapatkan pendampingan usaha seperti pelatihan manajemen ritel modern.

Program Bedah Warung Tradisional Pemkot Tangerang Gandeng Alfamart

Selain itu, pelatihan penataan barang, cara untuk membaca produk yang sedang laku dipasaran dan manajemen keuangan sehingga para pedagang warung dapat mengelola usahanya secara profesional.

“Kita kerjasamakan pengelolaan warung tradisional dengan ritel Alfamart mulai dari suplai barang dan juga pendampingan usaha,” kata Arief seperti dikutip dari tangerangkota.co.id (27/2/2019).

Dengan program bedah warung ini diharapkan memberikan pengusaha warung tradisional untuk mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi dan menguntungkan. Pasalnya, lanjut Arief, persaingan dunia jual beli sekarang semakin ketat.

[Baca Juga: Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang]

“Kalau warung tradisional tidak berinovasi maka akan sulit bersaing. Pemkot memfasilitasi melalui program bedah warung,” kata Arief.

Selain itu, diharapkan pula adanya peningkatan pendapatan masyarakat khususnya dari sektor perdagangan informal dan agar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang disusun bisa menjadi rujukan untuk ketersediaan informasi dan data-data pembangunan kota.

Sementara itu, Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Ivan Hermawan menerangkan pihaknya menyambut baik program yang diusung Pemkot Tangerang dalam peningkatan perekonomian usaha kecil serta bentuk partisipasi dalam Hari Ulang Tahun ke-26 Kota Tangerang.

“Selain warung yang akan direnovasi layaknya toko modern, pedagang akan memperoleh pasokan barang dengan ahrga khusus dan kemudian dalam memesan barang melalui aplikasi Alfamikro,” kata Ivan.

Sekadar informasi, Outlet Binaan Alfamart (OBA) adalah salah satu pilar program sosial yang dimiliki Alfamart yaitu Alfamart SME’s yang fokus terhadap pembinaan dan memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dari data yang diperoleh, hingga Februari 2019 terdapat 1392 warung se Indonesia telah direnovasi. Program OBA yang dijalankan dengan sistem keanggotaan ini merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) berkelanjutan perusahaannya.

[Baca Juga: Kelurahan Cipete Utara Kini Punya Warung Daur Ulang]

Hingga berita ini diturunkan, program OBA telah dipalikasikan di berbagai kota yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Lombok.


Read More

Artikel Lainnya

filkop.jpg

Kuliner

Ngopi Tenang dan Nyaman, Filosofi Kopi Kini Hadir di Bandung

23 October 2021, 09:08

Filosofi Kopi memang dirintis untuk memberdayakan kopi Nusantara yang luar biasa, sehingga dalam penyajiannya Filosofi Kopi menggunakan biji-biji kopi asli Indonesia.

Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

23 October 2021, 08:07

Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu.

Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

22 October 2021, 06:04

Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki.

Jamur 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bekas Pabrik Jamur di Sumber Brantas Jadi Spot Foto Instagramable

22 October 2021, 20:04

Seperti sebuah lukisan urban tentang kota yang ditinggalkan penduduknya, bangunan pabrik jamur yang berbentuk kubah itu berbaris secara seri.


Comments


Please Login to leave a comment.