Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Community Action Plan (CAP) merupakan program yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta. CAP pada tahun 2019 ini baru dimulai pelaksanaannya, tujuannya meningkatkan kesadaran dan kualitas hidup warga di pemukiman kampung-kampung di Jakarta yang menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD).

Dengan program tersebut diharapkan sejumlah wilayah di Jakarta yang ditata semakin indah. Tahap awal, CAP melingkupi beberapa kampung-kampung di Jakarta yang terhimpun dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK). Termasuk kampung yang ada di Jakarta Selatan. Seperti diansir laman beritajakarta.id (08/08/2019), Kepala Suku Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta Selatan Herry Poernama mengatakan, penataan kampung dilakukan di 13 RW dari sembilan wilayah kelurahan yang berada di Jakarta Selatan.

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

"Saat ini 13 RW yang menjadi target program CAP 2019 sudah selesai proses lelangnya dan masuk pada tahap pelaksanaan. Tidak hanya akan dilakukan penataan yang bersifat fisik, tapi juga meliputi aspek sosial dan ekonomi bagi warga setempat yang dilakukan secara bertahap," ujarnya.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

Herry merinci, penataan kampung akan dilakukan di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan yang terdiri dari RW 05, Kelurahan Ragunan; RW 08, Kelurahan Pejaten Barat; RW 05, 07, dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur; RW 01, Kelurahan Cilandak Barat; RW 06 dan RW 11 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan; RW 02 Kelurahan Kebayoran Lama Utara; RW 01 dan RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan; RW 02 Kelurahan Cipulir; serta di RW 05 Pondok Pinang. 

"Berdasarkan hasil pendataan, di Jakarta Selatan masih ada 90 lokasi perkampungan yang perlu ditata. Secara bertahap kami akan selesaikan melalui pola partisipatif kolaboratif," terangnya.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan program CAP, penataan kampung akan memasuki tahap Collaborative Implementation Program (CIP) yang menjadi acuan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dalam melakukan penataan.

"Penataan kampung di DKI Jakarta menjadi inisiatif Pak Gubernur dan sudah memiliki payung hukum berupa Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.