Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Community Action Plan (CAP) merupakan program yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta. CAP pada tahun 2019 ini baru dimulai pelaksanaannya, tujuannya meningkatkan kesadaran dan kualitas hidup warga di pemukiman kampung-kampung di Jakarta yang menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD).

Dengan program tersebut diharapkan sejumlah wilayah di Jakarta yang ditata semakin indah. Tahap awal, CAP melingkupi beberapa kampung-kampung di Jakarta yang terhimpun dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK). Termasuk kampung yang ada di Jakarta Selatan. Seperti diansir laman beritajakarta.id (08/08/2019), Kepala Suku Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta Selatan Herry Poernama mengatakan, penataan kampung dilakukan di 13 RW dari sembilan wilayah kelurahan yang berada di Jakarta Selatan.

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

"Saat ini 13 RW yang menjadi target program CAP 2019 sudah selesai proses lelangnya dan masuk pada tahap pelaksanaan. Tidak hanya akan dilakukan penataan yang bersifat fisik, tapi juga meliputi aspek sosial dan ekonomi bagi warga setempat yang dilakukan secara bertahap," ujarnya.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

Herry merinci, penataan kampung akan dilakukan di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan yang terdiri dari RW 05, Kelurahan Ragunan; RW 08, Kelurahan Pejaten Barat; RW 05, 07, dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur; RW 01, Kelurahan Cilandak Barat; RW 06 dan RW 11 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan; RW 02 Kelurahan Kebayoran Lama Utara; RW 01 dan RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan; RW 02 Kelurahan Cipulir; serta di RW 05 Pondok Pinang. 

"Berdasarkan hasil pendataan, di Jakarta Selatan masih ada 90 lokasi perkampungan yang perlu ditata. Secara bertahap kami akan selesaikan melalui pola partisipatif kolaboratif," terangnya.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan program CAP, penataan kampung akan memasuki tahap Collaborative Implementation Program (CIP) yang menjadi acuan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dalam melakukan penataan.

"Penataan kampung di DKI Jakarta menjadi inisiatif Pak Gubernur dan sudah memiliki payung hukum berupa Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

Berita Kawasan

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

14 October 2019, 13:59  |  27 Views

Kemeriahan acara Pekan Budaya Nasional 2019 di warnai oleh ribuan sorakan lirik lagu “Cendol Dawet” dari “ The godfather of broken heart” Kamis malam, 11 Oktober2019.

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Kuliner

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  19 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  10 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.


Comments


Please Login to leave a comment.