Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

Community Action Plan (CAP) merupakan program yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta. CAP pada tahun 2019 ini baru dimulai pelaksanaannya, tujuannya meningkatkan kesadaran dan kualitas hidup warga di pemukiman kampung-kampung di Jakarta yang menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD).

Dengan program tersebut diharapkan sejumlah wilayah di Jakarta yang ditata semakin indah. Tahap awal, CAP melingkupi beberapa kampung-kampung di Jakarta yang terhimpun dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK). Termasuk kampung yang ada di Jakarta Selatan. Seperti diansir laman beritajakarta.id (08/08/2019), Kepala Suku Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta Selatan Herry Poernama mengatakan, penataan kampung dilakukan di 13 RW dari sembilan wilayah kelurahan yang berada di Jakarta Selatan.

Program CAP Mulai Tata Kawasan Jakarta Selatan

"Saat ini 13 RW yang menjadi target program CAP 2019 sudah selesai proses lelangnya dan masuk pada tahap pelaksanaan. Tidak hanya akan dilakukan penataan yang bersifat fisik, tapi juga meliputi aspek sosial dan ekonomi bagi warga setempat yang dilakukan secara bertahap," ujarnya.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

Herry merinci, penataan kampung akan dilakukan di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan yang terdiri dari RW 05, Kelurahan Ragunan; RW 08, Kelurahan Pejaten Barat; RW 05, 07, dan RW 08 di Kelurahan Pejaten Timur; RW 01, Kelurahan Cilandak Barat; RW 06 dan RW 11 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan; RW 02 Kelurahan Kebayoran Lama Utara; RW 01 dan RW 07, Kelurahan Gandaria Selatan; RW 02 Kelurahan Cipulir; serta di RW 05 Pondok Pinang. 

"Berdasarkan hasil pendataan, di Jakarta Selatan masih ada 90 lokasi perkampungan yang perlu ditata. Secara bertahap kami akan selesaikan melalui pola partisipatif kolaboratif," terangnya.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan program CAP, penataan kampung akan memasuki tahap Collaborative Implementation Program (CIP) yang menjadi acuan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dalam melakukan penataan.

"Penataan kampung di DKI Jakarta menjadi inisiatif Pak Gubernur dan sudah memiliki payung hukum berupa Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

Bisnis

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

26 February 2020, 18:00

Botol kemasan air mineral terbaru dari Aqua ini merupakan 100 persen hasil daur ulang dari sampah botol plastik.

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.


Comments


Please Login to leave a comment.