DDA 3.jpg

Berita Kawasan

Program Kolaborasi ‘Kita Jaga Kyai’ Sambut Tahun Baru Islam

Merespon perkembangan kondisi yang ada di Kota Tangerang, sekaligus bertepatan dengan momentum hari besar umat Islam, Tahun Baru Islam 1443 H, Pemerintah Kota (Pemkot), Baznas, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang luncurkan program berbasis kolaborasi – kerja sama.

Program baru yang disepakati dengan tajuk ‘Kita Jaga Kyai’ diluncurkan sebagai respon terhadap kondisi realitas yang ada, sekaligus mengimplementasikan nilai agama Islam secara kontekstual terhadap perbaikan masyarakat Kota Tangerang.

Dalam kesempatan acara Dzikir dan Doa Istigasah menyambut 1 Muharram 1443 H secara virtual, kamarin, program kolaboratif tersebut akan digencarkan secara kolektif oleh umat Islam yang ada di Kota Tangerang dibantu segenap dukungan fasilitas dari Pemkot Tangerang.

Menurut Arif R. Wirmansyah, Wali Kota Tangerang, menjelaskan bahwa program kolaborasi baru tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkot Tangerang serta segenap unsur keagamaan di Kota Tanegrang kepada para tokoh dan pemuka agama yang wafat di sepanjang menghadapi masa pandemi COVID-19.

Sebagai bentuk keprihatinan dan perhatian terhadap kondisi, momentum tahun baru Islam dipilih untuk memupuk kembali persatuan dan solidaritas untuk saling menjaga dan melindungi.

“Sekarang waktunya kita unjuk saling menjaga dan melindungi sesama, terlebih para ulama,” ujar Arief R. Wirmansyah, Wali Kota Tangerang dalam sambutannya di acara Dzikir dan Doa Istigasah Menyambut 1 Muharram 1443 H, Senin, (9/8/2021).

DDA 1.jpg

Pada kesempatan yang sama, K.H Aslie Elhusyaery (Ketua Baznas Kota Tangerang) serta K.H A. Baijuri Khotib (Ketua Umum MUI Kota Tangerang) juga menegaskan bahwa di kala momentum perayaan tahun baru Islam, semangat kebersamaan dan gotong royong umat dapat disandingkan sebagai bentuk solidaritas dan kerja sama dengan konteks kerja Pemkot Tangerang dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Hal ini pun diyakini dapat bermanfaat dalam mempercepat proses vakinasi yang terus dikejar, mengingat peran figur kyai atau ulama yang dapat menjadi mitra untuk mensosalisasikan dan mengajak masyarakat secara efektif agar secepatnya mengikuti proses vaksinasi yang ada.

“Karena para ulama memiliki peran penting dalam syiar agama bagi masyarakat.” Lanjutnya.

Melalui penjelasan yang diberikan K.H Aslie Elhusyaery, Ketua Baznas Kota Tangerang, program ‘Kita Jaga Kyai’ merupakan dukungan fasilitas kesehatan yang layak bagi kyai, ulama, dan kalangan pesantren sebagai salah satu sentra aktivitas masyarakat, guna tetap dan mengoptimalkan terbentuknya imunitas.

DDA 2.jpg

“Selain bantuan berupa fisik, Baznas dan MUI juga akan membuat program yang bersifat literasi percepatan penanganan COVID-19.” Ungkap Ketua Baznas Kota Tangerang, di kesempatan acara yang sama.

Pelaksanaan program ‘Kita Jaga Kyai’ tersebut akan segara diluncurkan sekaligus dioptimalkan oleh segenap pihak yang terlibat di sepanjang bulan Muharram 1443 H ini. Mengakolasikan dana 1.5 miliar, Baznas menyalurkan program kolaboratif tersebut berupa beberapa paket imun (multivitamin, madu, dan herbal), paket hygine kit (masker, hand sanitizer, dan wastafel sehat di pesantren), layanan medical check up, dan dukungan isoman serta pelaksanaan vaksin bagi ulama dan masyarakat kalangan pesantren.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.