Duren Sawit_Bisnis_Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah_Kiki.jpg

Bisnis

Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah

Tahukah Anda mengenai program Mekaar? Program yang kepanjangannya Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera ini diusung salah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Permodalan Nasional Madani (PNM). Program yang ditujukan untuk wanita prasejahtera ini muncul pada 2015 dalam bentuk pemberian modal untuk membuka maupun mengembangkan usaha. Secara berkelompok para nasabah mendapatkan modal serta binaan untuk memulai dan menjalankan usaha mereka.

Pemerintah menaruh perhatian besar pada program ini. Maka dari itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pergi meninjau warga binaan program Mekaar di Lapangan Sepak Bola Gongseng, Ciracas, Jakarta Timur. Dalam kehadirannya, Jokowi bertemu sapa dengan 500 orang nasabah Mekaar (10/1/2019).

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Presiden tak datang sendiri, ia juga hadir bersama sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekertaris Negara Patikno, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Gurburnur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dan Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar.

Dalam perjumpaan tersebut, Jokowi berpesan untuk para nasabah Mekaar untuk menaikkan kelas usahanya setelah mendapatkan pinjaman modal. Nasabah yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp2-3 juta.

“Dengan adanya program Mekaar, saya harap ibu-ibu bisa membesarkan usahanya. Jika sekarang usahanya masih ada di bawah mikro, bisa naik ke mikro, lalu naik lagi menajdi kecil, kemudian menengah, dan selanjutnya,” ujar Jokowi di hadapan para nasabah yang hadir.

Ia juga mengingatkan para nasabah untuk tidak menyalahgunakan bantuan modal usaha yang diberikan PMN. Modal yang dipinjamkan harus dimanfaatkan untuk kegiatan usaha bukan untuk dibelikan kebutuhan tersier. “Jangan sampai dua juta yang dipinjamkan, setengahnya digunakan untuk beli pakaian. Hati-hati, jangan sampai tidak bisa mengembalikan uangnya,” katanya.

[Baca Juga: Tips Mengembangkan Usaha Kecil di Tahun 2019]

Selesai membuka acara tersebut, Jokowi turun langsung untuk berdialog dengan para nasabah. Ia juga melihat langung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memamerkan barang dagangannya di sana. Para nasabah yang menjual makanan pun turut menjajalkan barang jualannya, mulai dari berbagai macam keripik, pempek Palembang, bakso, dan lain sebagainya. Melihat hal ini, Jokowi ikut serta untuk mencicipi dan membeli berbagai macam makanan milik nasabah Mekaar.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.