Program Sekolah Ibu Kota Bogor Dapat Penghargaan

Berita Kawasan

Program Sekolah Ibu Kota Bogor Dapat Penghargaan

Di tengah-tengah pandemi COVID-19 di Indonesia, kegiatan tetap berjalan seperti biasanya. Hanya saja pekerjaan dilakukan dari rumah, walaupun harus ke kantor pun, jumlah yang datang ke kantor harus dibatasi. Wabah ini juga tak menghalangi Kota Bogor untuk menorehkan prestasi. Pasalnya, Pemerintah Kota (pemkot) Bogor baru saja menerima prestasi membanggakan.

Program Sekolah Ibu yang dilaksanakan di Kota Bogor menjadi Juara 1 Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Jawa Barat kualifikasi Juara Kota Terbaik. Pemberian Penghargaan tersebut diumumkan melalui video conference saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 pada 22 April lalu.

Program Sekolah Ibu Kota Bogor Dapat Penghargaan

Mengutip dari kotabogor.go.id (24/4/2020), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, PPD Jawa Barat Tahun 2020 merupakan salah satu apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target pembangunan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Hanafi menuturkan, sudah banyak daerah lain yang melakukan studi banding mempelajari program Sekolah Ibu dan mengadopsinya. Sebab menurutnya, program Sekolah Ibu sudah banyak dirasakan manfaatnya masyarakat sejak dimulai pada tahun 2017.

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

"Jadi tim penilainya independen, ada dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Pada saat penilaian saya yang menerimanya dan mengundang berbagai stakeholder seperti organisasi lansia, Forum Kota Sehat, dan yang lainnya dengan sampel penilaian di Kelurahan Panaragan," sebut Hanafi.

Kontroversi Sekolah Ibu Menuai Kritik

Sekolah Ibu sejak awal pendirian memang telah mendapatkan pujian dari Gubernur Jawa Barat dan akan diterapkan di kabupaten/kota lain. Namun hal tersebut diurungkan karena munculnya kontroversi ketika ingin diterapkan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada akhir 2018.

Kritik terhadap sekolah ibu pun dilontarkan oleh politisi hingga pemerhati isu kesetaraan gender pada Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan. Ketika mempromosi Sekolah Ibu melalui media sosial, Hengki malah memicu kontroversi. Penyataan yang ditulisnya seolah membebankan penyebab perceraian pada pihak istri yang tidak bisa mengelola rumah tangga.

Namun, di tengah pujian dan kritikan tersebut, bahkan di tengah pandemi COVID-19, Sekolah Ibu tetap berjalan. Alasannya, kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) ini sangat dibutuhkan masyarakat.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Wisuda Ratusan Peserta Sekolah Ibu Angkatan III]

"Rencananya ada dua angkatan tahun ini. Jika memungkinkan Juni untuk angkatan pertama, kalau tidak memungkinkan nanti akan dikoordinasikan lagi karena saat ini masih terjadwalkan dan teranggarkan," kata Hanafi.

Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kota Bogor Cecep Zakaria menambahkan, program yang digagas Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian merupakan salah satu program unggulan Kota Bogor dan sudah mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dengan dinobatkannya Juara 1 PPD kualifikasi Kota di Jawa Barat, Pemkot Bogor patut berbangga. Sebab, sudah terbukti dirasakan banyak manfaatnya dalam meningkatkan peran ibu dalam keluarga.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>