Program Yes I Can, Buktikan Kaum Marginal Bisa Bekerja Secara Profesional

Bisnis

Program Yes I Can, Buktikan Kaum Marginal Bisa Bekerja Secara Profesional

Kaum marginal yang jumlahnya sangat kecil ini, seringkali terabaikan dan tersingkirkan. Pada hakikatnya, seorang manusia dianugerahi bakat dan minat yang menjadikan hidup mereka lebih layak berkembang di tengah-tengah masyarakat pada umumnya.

Yes I Can, sebuah program yang diinsiasi PPH dibawah naungan Kampus Unika Atmajajaya Jakarta ini, menghadirkan sebuah program yang dapat memfasilitasi kemampuan SDM kaum marginal ini dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup target sasaran yang terfokus pada tiga kelompok yang termarginalkan, seperti anak jalanan, pekerja seks, dan transpuan.

Program Yes I Can, Buktikan Kaum Marginal Bisa Bekerja Secara Profesional

Project Officer Yes I Can! Ary Bumi Kartini, SP. saat ditemui di kantor LPPM Atmajaya pada 17 Februari 2020 berharap dengan hadirnya program Yes I Can dapat meningkatkan hidup mereka dengan capacity building yang mereka dapatkan dari beberapa jenis pelatihan.

“Mereka memang diberikan pelatihan profesional sesuai dengan keinginan mereka dan ke depannya mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pelatihan yang mereka dapatkan. Dan, masyarakat dapat melihat bahwa mereka punya kemampuan dan kesempatan yang sama untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” ucap Bumi.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi]

Melalui program Yes I Can, sebanyak 215 repsonden yang berasal dari tiga kelompok termarginalkan tersebut harus melewati lima tahap hingga akhirnya mereka siap melangkah maju sendiri dengan profesionalitas kerja yang mereka dapatkan. Lima tahapan ini, terdiri dari Asesmen awal, pelatihan reflektif, pelatihan profesional, dan pendirian klinik usaha dan advokasi.

Program Yes I Can, Buktikan Kaum Marginal Bisa Bekerja Secara Profesional

Dalam kesempatan yang sama, Researher Lydia Verina Wongso, S.Psi mengatakan prosesnya memang dari awal cukup panjang karena dimulai dari asesmen dulu. “Karena kami tahu perjalanan untuk bisa merubah dengan background dulunya seperti apa pasti butuh proses,” ucapnya.

Lydia juga menegaskan secara keseluruhan, mimpi awal Yes I Can ini adalah terlepas dari apa pun background orang yang termarginalkan tersebut dapat dipandang secara profesionalitasnya tanpa perlu tahu background-nya seperti apa.

[Baca Juga: Belajar Menjadi Pemanah Profesional di Tempat Ini]

Dari 215 orang yang mengikuti tahapan Yes I Can ini, tersaringlah 30 peserta yang nantinya diberikan pelatihan profesional sesuai dengan minatnya masing-masing. Hingga akhirnya, Yes I Can membuka klinik usaha sebagai peluang mereka bekerja secara profesional.

Salah satu klinik usaha yang pertama kali direalisasikan Yes I Can dalam membantu meningkatkan kualitas hidup kelompok marginal ini, yakni salon kecantikan yang berada di area Kampus Unika Atmajaya. Dan, akan ada dua jenis klinik usaha yang sebentar lagi dibuka.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Asyifa 2 years, 7 months lalu
    asyifa

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE