Prospektifkah Menjalankan Bisnis Reparasi Tas dan Sepatu.jpg

Bisnis

Prospektifkah Menjalankan Bisnis Reparasi Tas dan Sepatu

Selain bisa digunakan untuk bekerja, liburan, belanja bahkan saat piknik, tas dan sepatu merupakan objek penting dalam bergaya. Tak hanya untuk wanita, banyak pria yang kini memerdulikan kondisi sepatu dan tas ketika dipakai.

Para kolektor tas dan sepatu pun semakin menjamur seiring berkembangnya model tas dan sepatu khususnya di Indonesia.

Ditambah lagi, banyak orang yang lebih memilih memperbaiki barang ketimbang membeli baru. Prinsip ‘kalau masih bisa digunakan, buat apa beli yang baru’ ini membuat peran ahli reparasi masih sangat dibutuhkan.

Melihat fakta tersebut, dilansir dari Moneysmart.id (26/2/2019), pangsa pasar bisnis reparasi tas dan sepatu cukup luas dan prospektif kedepannya. Sehingga Anda memiliki kesempatan untuk memulai bisnis reparasi tas dan sepatu.

[Baca Juga: Ini 5 Jasa Cuci Sneaker di Area Jakarta Selatan]

Namun, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum membuka layanan reparasi tas dan sepatu. Selain mempekerjakan ahli reparasi, pembelian mesin jahit, benang, lem, jarum, dan perlengkapan lainnya wajib diperhitungkan.

Setelah menyiapkan persiapan reparasi, Anda sebaiknya melakukan promosi kepada publik secara offline maupun online secara berkala. Hal itu supaya kawan terdekat dan calon konsumen Anda mengetahui lokasi reparasi tas dan sepatu yang sedang Anda garap.

Anda bisa menawarkan dua jenis jasa reparasi, yakni ringan dan berat. Reparasi ringan berupa penggantian resleting atau memperbaiki sol sepatu yang rusak.

Sedangkan reparasi berat biasanya memperbaiki tas atau sepatu berbahan kulit yang mengalami pelupasan. Restorasi ini menggunakan bahan yang sama tanpa menghilangkan brand dan aksesorisnya.

Maka, bisnis reparasi terbilang usaha yang sangat menjanjikan. Tapi, Anda juga perlu memerhatikan risiko karena jasa Anda menyangkut barang pelanggan. Apalagi, jika sepatu atau tas yang diperbaiki merupakan brand ternama dengan harga yang fantastis.

[Baca Juga: Sepatu AD1, Signature Shoe Pebasket Pertama di Indonesia]

Dilansir dari Moneysmart.id (26/2/2019), selain mempersiapkan sumber daya manusia dan peralatan, Anda harus siap mental dan serius untuk menjaga kualitas. Jika kualitas terjaga, konsumen tak mungkin kabur dan akan setia menggunakan jasa Anda,

Anda harus optimistis jasa reparasi tas dan sepatu terus berkembang dikarenakan persaingan yang belum terlalu ketat. Dengan modal usaha yang tak terlalu besar, dibutuhkan kreativitas dan kemauan lebih agar usaha reparasi Anda bisa sukses dan dipercaya konsumen.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.