Protokol Keamanan Syuting ala Hollywood di Masa Pandemi COVID-19.jpg

Hobi dan Hiburan

Protokol Keamanan Syuting ala Hollywood di Masa Pandemi COVID-19

Los Angeles telah menerbitkan protokol keamanan untuk syuting film di tengah Pandemi COVID-19 pada Kamis (11/6/2020). Diberitakan Variety (12/6/2020), tertulis dalam aturan tersebut bila hanya kru dan pemain yang berkepentingan yang boleh ada di lokasi syuting. Mereka juga harus tetap menggunakan masker.

Ketika sedang berakting, para aktor tentu tidak menggunakan masker. Akan tetapi, mereka harus menjaga jarak fisik setidaknya 2,5 meter. Aturan pun mengharuskan mereka untuk mencuci tangan sebelum berakting.

Kemudian, terdapat adegan yang kini tidak dianjurkan untuk dilakukan, yaitu adegan yang mengharuskan kontak fisik secara berkepanjangan seperti berkelahi, seks, dan yang melibatkan kerumunan orang.

Di luar pengambilan adegan, para aktor diminta untuk tidak berbicara sebisa mungkin. Hal ini guna menghindari penyebaran droplet saat berbicara. Selain itu, untuk menghindari penularan Virus Corona baru, para pemain film diimbau untuk menggunakan peralatan makeup milik sendiri.

Protokol Keamanan Syuting ala Hollywood di Masa Pandemi COVID-19  1.jpg

Aturan yang sama juga diterapkan pada syuting acara televisi seperti talk show. Bedanya, kru dan bintang tamu yang terlibat harus menjaga jarak fisik sejauh enam kaki. Para penonton yang hadir juga dibatasi, hanya sebanyak 25 persen dari kapasitas tempat atau studio.

[Baca Juga: Film Ruwatan Berlenggang di Palm Springs International ShortFest 2020]

Secara umum, aturan yang diterbitkan ini lebih ketat dibandingkan yang pernah diajukan pelaku industri perfilman Hollywood kepada Gubernur New York Andrew Cuomo, Gubernur California Gavin Neswsom, dan Departemen Kesehatan Masyarkat Los Angeles pada pekan lalu. Di dokumen terdahulu tersebut, aturan dominan berbunyi “bila dimungkinkan”, tapi di aturan yang baru, kata yang dipakai adalah “harus”.

Sementara itu di Indonesia, protokol syuting di tengah pandemi dilaporkan telah diserahkan kepada Gugus Tugas COVID-19 pada Selasa, 2 Juni lalu. Diberitakan cnnindonesia.com (12/6/2020), kala itu Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) Chand Parwez mengonfirmasi hal tersebut dan para sineas tengah menunggu keputusan dari Gugus Tugas COVID-19.

[Baca Juga: Pantengin 13 Film Box Office Indonesia yang Bakal Tayang di Netflix]

Poin-poin yang ada dalam protokol tersebut, kata Parwez, tidak jauh berbeda dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas COVID-19 untuk mencegah penyebaran Virus Corona baru. Beberapa aturan di antaranya pemakaian masker oleh kru dan pemain, pembatasan jumlah kru, pemeriksaan suhu tubuh, hingga perlakuan khusus untuk pekerja di atas 45 tahun karena merupakan anggota yang rentan mengalami gejala serius bila terpapar COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.